Orang Buta Bisa Melihat LAgi!!!!


Ron, seorang kakek berusia 73 tahun adalah pasien yang beruntung bisa mencoba mata bionik itu. Sekitar sebulan lalu, ia menjalani bedah eksperimental di Rumah Sakit Mata Moorfield di London. Hasilnya cukup menggembirakan bagi Ron.

“Saya bisa mengikuti garis putih di jalanan dan bahkan bisa menyortir kaus kaki yang ingin saya kenakan,” ujarnya kepada BBC, Selasa (10/3). Mata bionik yang ia kenakan diberi nama ‘Argus II’.

Cara kerjanya, sebuah kamera dan prosesor video dipasang pada kacamata hitam (sunglasses). Gambar yang ditangkap kemudian diolah oleh sebuah receiver kecil di luar mata. Receiver itu kemudian meneruskan data ke sebuah kabel kecil yang merupakan sekumpulan elektroda, di depan retina.

Ketika elektroda ini terstimulasi, mereka mengirim pesan ke syaraf di otak yang menerima pola cahaya dan dark spots yang berhubungan dengan elektroda tersebut. Pasien juga berusaha, sebab mereka harus mempelajari pola visual itu dan menerjemahkannya ke gambar-gambar, sesuai dengan yang mereka lihat.

Mata bionik ini dikembangkan oleh perusahaan AS, Second Sight. Hingga kini, 18 pasien telah dipasangi alat tersebut. Alat tersebut didesain untuk membantu orang yang menderita retinitis pigmentosa seperti Ron. Penyakit mata itu merupakan kebutaan yang diakibatkan menurunnya fungsi retina yang bersifat genetis.

Comments