Ads

25 Desember 2009

Awas Lho... Lampu Natal Bisa Ganggu Sinyal WiFi

Bagikan:

Menjelang Natal di Tenjin Underground Shopping Arcade, Tenjin, Fukuoka, Jepang.
Kamis, 24 Desember 2009 | 19:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meriah perayaan Natal dan Tahun Baru seringkali harus dibayar dengan terganggunya sambungan telekomunikasi. Kalau di Indonesia beberapa kali yang paling banyak dilaporkan mungkin gangguan sambungan telepon atau pengiriman SMS karena saking tingginya kenaikan trafik saat banyak orang berkirim ucapan selamat secara bersamaan.

Tapi, di AS yang sebagian besar penduduknya telah menggunakan internet, gangguan sambungan koneksi yang sering bermasalah saat liburan Natal dan Tahun Baru. Bukan karena trafik yang tinggi, namun ada temuan bahwa lampu Natal penyebabnya. Menurut sebuah penyedia layanan internet di AS, Talk Talk, cahaya lampu Natal dan lilitan kabel listrik yang digunakan bisa mempengaruhi sinyal WiFi.

"Pengalaman kami menunjukkan bahwa hiasan lampu di dalam rumah dan lilitan kabel yang digunakan pada lampu hias pohon Natal dapat menyebabkan interferensi dengan sinyal nirkabel dan melemahkan kecepatan broadband," ujar Sylvain Thevenot, manajer senior Talk Talk dalam blognya seperti dilansir Telegraph. Ia mengatakan pengaruhnya pun besar sampai 25 persen.

Karenanya, Thevenot memperingatkan para pengguna layanan internet nirkabel untuk meletakkan lampu Natal dari router broadband dan komputer sejauh mungkin. Ia juga merekomendasikan agar pengguna layanan tidak menggunakan lampu kelap-kelip karena dalam beberapa kasus dapat menimbulkan interferensi. Untuk mengrangi interferensi, pengguna juga dapat memasang filter khusus yang harganya tak mahal di sambungan telepon.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...