Ads

30 Desember 2009

Sistem 3 Bahasa di Ponsel Toshiba

Bagikan:

JAKARTA, KOMPAS.com – Dunia makin mengerut, sedangkan urusan bisnis pun menjadi semakin mengglobal. Sulitlah berbisnis hari-hari ini tanpa berinteraksi dengan seseorang di negara lain sehingga memahami bahasa asing pun menjadi kian penting. Karena belajar bahasa asing tidaklah mudah, beberapa perusahaan melihat ini sebagai peluang bisnis baru.

Tak lama setelah mendengar penerjemah bahasa Spanyol ke Inggris sederhana untuk iPhone, Toshiba mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan sistem penerjemah baru yang tidak membutuhkan interaksi di sisi server.

Aplikasi ini dirancang untuk jalan sepenuhya di ponsel Anda. Ini meniadakan biaya roaming data yang mahal yang biasanya terjadi jika menggunakan sistem lain yang menuntut koneksi Internet untuk mengambil hasil terjemahan.

Sistem ini bersifat tri-bahasa, dan pada dasarnya merupakan versi paduan dari sebuah aplikasi PC yang sudah ada. Pengguna bebas menerjemahkan antara bahasa Jepang, Cina, dan Inggris. Awalnya, software menggunakan sistem pengenalan ucapan (speech recognition) untuk menentukan bahasa dan apa yang telah diucapkan, lalu menggunakan penerjemahan mesin atau penerjemahan mesin berbasis aturan untuk memecah-mecah frasa dan mengubahnya ke bahasa lain.

Sejauh ini, aplikasi ini dinilai cukup baik dan tentu saja selalu bisa ditingkatkan. Bagian terbaiknya adalah aplikasi bisa menerima frasa melalui kata yang diucapkan, yang jauh lebih cepat inputnya dibandingkan jika menggunakan keyboard.

Dikabarkan versi Windows Mobile juga akan segera tersedia. Toshiba pun berencana melakukan porting ke BlackBerry atau iPhone OS di masa depan.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...