Ads

25 Desember 2009

Bagikan:

Wenger: Premier League Produk Dunia

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger.
Jumat, 25/12/2009 | 10:53 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Manajer Arsenal Arsene Wenger menilai, Premier League sudah jauh berubah dibanding saat dia datang pertama kali di Inggris 13 tahun lalu. Menurutnya, banyak hal telah mengalami kemajuan dan Premier League sudah menjadi produk dunia.

Membanjirnya uang ke Premier League menjadi salah satu pemicu perubahan, dari segi kepemilikan, juga liputan media yang begitu besar.

"Pertama-tama, Premier League sudah menjadi produk dunia. Ketika bepergian, saya sadar betapa populernya Premier League. Kedua, kepemilikan klub telah berubah drastis. Struktur pertandingan juga berubah dan para wasit menjadi jauh lebih profesional," ungkapnya.

"Secara keseluruhan, Premier League menjadi sangat profesional. Namun, tekanan juga semakin besar dan pemasukan keuangan juga membesar. Itu artinya kualitas pertandingan Premier League jauh lebih baik dari sebelumnya," tambahnya.

Wenger juga percaya, pertandingan di Inggris semakin berstandar internasional bahkan terbaik di Eropa. "Dalam beberapa hal, perubahan ini membawa kebaikan. Namun, di segi lain ada sedikit efek negatifnya karena para pelaku sepak bola menjadi kurang santai," ujarnya.

"Setiap orang menjadi sedikit lebih tegang sekarang, tapi juga lebih bergairah. Saya merasa, 13 tahun lalu sebuah kekalahan terasa kurang dramatis dibanding sekarang. Sekarang tuntutan masuk kompetisi Liga Champions sangat besar," pungkasnya. (GL)

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...