Ads

30 Desember 2009

Windows Live Skydrive Berikan Gratis "Hardisk Online" 25 GB

Bagikan:


JAKARTA, KOMPAS.com - Besarnya informasi digital terus meroket seiring gaya hidup masyarakat yang tak lepas dari peralatan digital seperti ponsel, kamera digital, camcorder, dan lainnya. Tentu usaha untuk menyimpan dan membagi berbagai jenis data digital - mulai dari musik hingga foto dan file - bisa cukup menyulitkan apalagi di era mobilitas tinggi.

Mencoba memberikan solusinya, Microsoft menawarkan layanan penyimpanan data online dengan kapasitas 25GB dan terlindung kata sandi bagi penggunanya. Layanan ini gratis dan tersedia dengan mudah di Windows Live dengan nama Skydrive.

Skydrive akan mengatasi salah satu hal yang paling menyulitkan dalam mengatur seluruh data dan informasi digital yakni saat harus dipindahkan lokasinya ataupun dibagi dengan teman-teman dan keluarga. Contoh yang sering ditemui, misalnya saat Anda sedang mengerjakan pekerjaan di kantor dan kemudian ingin melanjutkannya di rumah. Biasanya Anda akan melakukan salah satu dari ketiga hal ini: membawa pulang laptop anda, mengirimkan dokumen pekerjaan tersebut ke email Anda, atau menggunakan USB (Flash Disk). Ketiga pilihan tersebut memang dapat berhasil dengan baik, namun sisi negatifnya, Anda harus membawa pulang laptop Anda atau menghadapi kemungkinan hilangnya data yang ditransfer.

Windows Live SkyDrive menghapus seluruh opsi tersebut dengan menawarkan kemudahan dan kenyamanan yang tak terkalahkan. Dengan SkyDrive, Anda hanya butuh mengunggah file yang diinginkan ke folder pribadi Anda – menghapus keharusan membawa pulang laptop Anda atau resiko melebihi batas kapasitas inbox (kotak masuk) Anda dan akhirnya tidak menerima attachment (lampiran). Dengan kapasitas penyimpanan sebesar 25GB, SkyDrive menawarkan kepada Anda kapasitas menyimpan yang tidak dapat ditandingi USB manapun saat ini.

Keamanan juga selalu menjadi perhatian utama menyangkut data Anda, maka dari itu SkyDrive menyediakan pilihan untuk mengamankan setiap folder didalamnya dengan masing-masing kata sandi. Anda dapat menciptakan folder yang dapat dilihat untuk umum maupun untuk dibagi dengan orang-orang tertentu. Anda dapat memilih untuk tetap menyimpannya secara personal dan mengaksesnya dimana saja, Andapun mengetahui bahwa Anda memiliki penguasaan penuh atas data tersebut.

Melalui shared folders, teman-teman Anda juga mendapatkan kemudahan untuk mengunggah, mengunduh dan berinteraksi dengan Anda melalui seluruh dokumen dan file didalam folder tersebut. Kelebihan lainnya adalah Anda dapat mengatur sejauh mana akses yang dimiliki masing-masing teman Anda kepada isi folder. Misalnya beberapa orang diberikan akses hanya sebatas melihat isi folder, sementara sejumlah orang tertentu diizinkan untuk meng-edit atau mengunggah dokumen kedalam folder.

Berikut beberapa contoh situasi dimana Anda dapat memanfaatkan SkyDrive:

- Berbagi foto-foto liburan : Seandainya Anda baru saja pulang berlibur dari Bali dan Anda ingin membagi album foto liburan Anda dengan keluarga Anda, Anda tidak lagi perlu menyesakkan inbox mereka dengan file-file ukuran besar. Yang harus Anda lakukan hanya menciptakan album baru dalam SkyDrive anda dan mengisinya dengan pilihan foto-foto yang ingin Anda bagikan.

- Merencanakan Pernikahan Anda: Seringkali orang merencanakan acara pernikahan bersama-sama dengan keluarga ataupun teman yang tinggal berjauhan. Mengapa tidak menciptakan shared folder di SkyDrive yang memudahkan Anda membagi informasi seperti gambaran tempat dan baju, daftar persiapan acara, dll? Dengan cara ini semua orang yang terlibat dapat mengakses informasi didalam folder kapan saja.

- Tugas Sekolah/Universitas: Dengan SkyDrive, Anda dapat mengerjakan tugas-tugas kelompok dengan lebih efisien. Anda dapat mengunggah seluruh materi terkait tugas Anda ke satu folder khusus, kemudian teman-teman Anda akan dapat dengan mudah mengakses materi dan mengerjakan tugas tersebut dimanapun mereka berada. Anda tidak perlu lagi menghabiskan sepanjang malam berkumpul di kampus untuk mengerjakan tugas.

Layana ini hanya dapat digunakan khusus para pengguna Windows Live yang aplikasinya dapat diunduh cuma-cuma di http://www.windowslive.com/ Tentu saja Anda hrsu selalu terhubung ke internet untuk dapat memanaatkan semua layanan tersebut.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...