Kuburan Pesawat Yang Luar Biasa Diposkan oleh Haxims on Rabu, Februari 24, 2010 Label: Aneh, info, Keren Citra satelit Google Earth menangkap foto



Citra satelit Google Earth menangkap foto resolusi tinggi dari pemakaman militer paling mahal di dunia senilai Rp 305,5 triliun yang dijuluki sebagai "The Boneyard".






Fasilitas seluas 2.600 hektar itu secara resmi dikenal sebagai Davis-Monthan Air Force Base, adalah rumah bagi ribuan pesawat terbang dan helikopter yang sudah ketinggalan zaman milik Angkatan Udara Amerika Serikat dan pasukan sekutu lainnya.






Fasilitas berusia 60 tahun dan berukuran 1.300 lapangan sepak bola itu berada di atas padang pasir di Tucson, Arizona.

Lokasi itu merupakan Aerospace Maintenance and Regeneration Group (AMARG) ke-309 dan satu-satunya gudang milik Amerika untuk menyimpan pesawat yang rusak.

Untuk pertama kalinya, serangkaian foto satelit resolusi tinggi yang menakjubkan dari fasilitas empat mil persegi dijuluki Boneyard itu dihasilkan oleh Google Earth.

Biasanya fasilitas itu digunakan sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi ribuan mesin yang sudah tidak aktif. Awalnya dirancang pada tahun 1946 dan digunakan sebagai sumber daya untuk suku cadang militer Amerika Serikat.

Beberapa pesawat yang dibongkar termasuk B-52, F14 Tomcat yang muncul di film blockbuster 80-an Tom Cruise "Top Gun", dan A-10 Thunderbolt "tank busters".

Selama 25 tahun, lebih dari seperlima pesawat dikembalikan ke status terbang, kata para pejabat.

Comments