Panduan Koneksi Internet Via Three

Pada postingan kali ini, Tips dan Trik Internet akan memberikan tips atau panduan koneksi internet dengan GSM 3 (three). Seperti pada tips-tips sebelumnya, pada tips kali ini, Tips n Trik Internet juga menggunakan Notebook/Laptop/PC dan modem HP. Namun kali ini HP yang saya gunakan adalah Motorola C380.

Langkah-langkah untuk setting koneksi internet via three dengan Notebook/Laptop/PC dengan modem HP/GPRS/PDA adalah sebagai berikut.

Langkah Pertama

Memastikan modem HP/GPRS/PDA Anda telah terinstall dengan benar. Untuk memastikan modem tersebut telah terinstall dengan benar dapat dilihat di sini.

Langkah Kedua

Melakukan setting Extra Initialization Commands, dengan cara sebagai berikut

1. Klik Start >> Control Panel >> Phone and Modem Options >> hingga muncul jendela Phone and Modem Options kemudian pilih tab modem, seperti gambar berikut ini.

2. Kemudian sorot modem yang Anda gunakan kemudian dilanjutkan dengan mengklik Properties, hingga terbuka jendela baru dan pilih tab Advanced, seperti gambar berikut ini.

3. Kemudian isikan pada Extra Initialization Commands, sebagai berikut.

AT+CGDCONT=1,”IP”,”3gprs”

4. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan OK.

Dengan demikian setting Extra Initialization Commands telah selesai.

Langkah Ketiga

Melakukan settingan koneksi dial up three, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Klik Start >> Control Panel >> Network Connection >> Create a new connection >> hingga akan muncul jendela New Connection Wizard, seperti di bawah ini.

2. Kemudian klik next, hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

3. Kemudian pilih Connect to the Internet dan dilanjutkan dengan klik next hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

4. Kemudian pilih Set up my connection manually, dan lanjutkan dengan klik next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

5. Kemudian pilih Connect using a dial-up modem dan dilanjutkan dengan klik next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

6. Kemudian pilih atau sorot modem yang Anda gunakan dan dilanjutkan dengan menekan next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

7. Kemudian ketikkan ISP name atau dapat pula di isi sesuai kehendak Anda (sebagai contoh “three”), kemudian dilanjutkan dengan mengklik next hingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

8. Kemudian isikan pada phone number dengan *99***1# kemudian dilanjutkan dengan mengklik next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

Kemudian isikan pada

  • User name : 3gprs
  • Password : 3gprs
  • Confirm password : 3gprs

(semua dengan huruf kecil/low case)

Hilangkan centangan pada Use this account name and password when anyone…… jika tidak ingin setiap orang mengetahui user name dan password-nya sehingga tidak bisa melakukan koneksi internet.

Hilangkan centangan Make this default Internet Connection jika tidak ingin menjadikan koneksi ini sebagai default koneksi internet Anda.

9. Kemudian lanjutkan dengan mengklik next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

10. Jika ingin dibuatkan shortcut pada desktop, centangi pada Add a shortcut to this connection to my desktop kemudian lanjutkan dengan mengklik next sehingga akan muncul jendela seperti di bawah ini.

11. Klik Dial untuk melakukan koneksi atau cancel jika tidak ingin melakukan sekarang.

Dengan demikian Anda telah selesai melakukan setting koneksi internet via three dengan sukses.

NB :

Sementara ini tariff GPRS Three masih tergolong mahal, yaitu 10/kb. Semoga pada masa mendatang, pihak Three dapat menurunkan tarifnya hingga terjangkau oleh masyarakat luas. Amin

Sumber:http://tips-net.blogspot.com/2008/10/panduan-koneksi-internet-via-three.html

Comments