Tips Mengamankan Data di BlackBerry


Tanpa harus disebut dalam lisan maupun tulisan, semua orang tahu bahwa BlackBerry adalah komputer mini yang bisa dibawa ke mana-mana. Lebih dari itu, BlackBerry juga pengakses internet bergerak yang menawarkan kecepatan akses memukau setiap saat.

Sebagai sebuah perangkat yang memiliki fitur komputasi dan internet lengkap, BlackBerry tentu memerlukan privasi dan pengamanan ekstra. Pasalnya, ponsel pintar ini menjadi tempat penyimpanan data dan informasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya boleh diketahui oleh si empunya.

Memahami pentingnya arti data tersebut, BlackBerry telah menyediakan beragam fitur pengamanan berlapis untuk memastikan tidak ada orang lain yang bisa mengakses data tersebut apalagi mencurinya.
1. Password
Sama dengan handphone lain, BlackBerry dilengkapi dengan password yang berfungsi sebagai kunci handheld. Orang lain tidak bisa menggunakan BlackBerry Anda tanpa memasukkan kata kuncinya. Pengaturan password bisa dilakukan di menu Options>>Password.

2. Content Protection

Proteksi data dengan Content Protection bekerja layaknya program enkripsi data di komputer. Dengan memasang Content Protection, semua data yang ada di BlackBerry terlindungi dan hanya bisa diakses dengan memasukkan kata kunci tertentu. Saat kita melakukan proteksi, semua data terenkripsi. Data yang sudah dilindungi ini akan tampil dengan icon gembok tertutup. Sebaliknya, saat ingin dibaca, data akan di-dekripsi terlebih dahulu, lalu muncul icon gembok terbuka.

3. PIN
Identitas unik yang dimiliki oleh setiap handset BlackBerry ini ternyata tidak hanya berguna untuk berkomunikasi antar pengguna BlackBerry. PIN juga bisa digunakan untuk mengirimkan data rahasia ke orang lain, tentu antar sesama pengguna BB. Untuk menggunakan fitur ini, masuk menu Message, pilih Compose PIN, masukkan PIN tujuan, isi pesan (termasuk foto), lalu kirim. Dengan cara ini, data yang dikirimkan menjadi lebih aman dibandingkan mengirim pesan lewat email atau handphone.

4. Hapus Data
Bila Anda berniat menjual BlackBerry, pastikan semua data di dalamnya sudah dihapus sehingga pengguna berikutnya memiliki handheld tanpa data apapun. Anda bisa menggunakan Memory Clean, tapi terkadang fitur ini tidak menghapus semua data. Untuk memastikan semua data terhapus, masuk ke Security Options yang ada di menu Options. Lalu ke General Settings, tab logo BB, lalu pilih Wipe Handheld. Setelah itu, semua aplikasi data dan layanan lainnya akan dihapus dari BB.

Comments