Ads

16 Maret 2010

Apakah Anda Tahu Perahu Phinisi

Bagikan:

Kalo kalian masih mempunyai uang pecahan seratus rupiah versi kertas (yang warna merah itu lho), kalian pasti tahu dengan gambar perahu yang tergambar di mata uang tersebut. Ya perahu yang tergambar di uang kertas itu adalah perahu phinisi, perahu kebanggaan bangsa Indonesia.



Perahu Phinisi adalah perahu layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan. Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang; umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.



Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu. Menurut sejarah, kapal ini pertama kali dibuat oleh putra mahkota kerajaan Luwu yang bernama Sawerigading, Sariwegading berusaha membuat kapal layar yang besar dan kuat agar dapat digunakan untuk mengarungi Laut Cina Selatan untuk berlayar ke negeri China untuk meminang putri tiongkok yang bernama We Cudai. Menurut cerita, sekembalinya ke nusantara, kapal yang dibuat oleh Seriwegading ini diterjang obak besar dan membuat kapal ini terbelah menjadi tiga bagian. Masyarakat kemudian menyatukan ketiga bagian kapal itu dan kemudian menamakanya kapal Phinisi.

http://4.bp.blogspot.com/_vnQkkukmKR0/Su8A7XyZV8I/AAAAAAAACkI/KFxaJH2gakk/s1600/normal_0003.jpg

Kapal atau perahu Phinisi bukanlah perahu sembarangan, karna selain hampir semua bagian terbnuat dari kayu, perahu ini juga mempunyai kekuatan yang sangat luar bisa dan sanggup bertahan bertahun-tahun untuk mengarungi Samudera, Bentuk layar perahu Phinis pun sangat unik dan mempunyai nilai Artistik yang sangat tinggi.

Pembuatan perahu Phinisi juga tak main-main. dibutuhkan ritual khusus sebelum membuat perahu ini. ritual yang dipercaya oleh Masyarakat bugis akan membawa keberuntungan untuk perahu yang akan dibuat. Dan biasanya akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

http://www.boatdesign.net/forums/attachments/boat-design/6062d1145693837-info-ideas-chinese-fishing-boat-junk-styles-pinisi_pre-launch_aft.jpg

Oleh karna nilai artistik yang tinggi, serta waktu pembuatanya yang sangat lama, maka tak heran jika harga satu buah kapal Phinisi bisa mencapai miliaran rupiah.Bahkan pernah sebuah perusahaan pelayaran di Karibia yang membeli sebuah Kapal Phinisi seharga 3 miliar. Kapal Phinisi yang paling terkenal adalah kapal Phinisi yang dibuat oleh orang Bugis.

2 comments:

apa benar tidak ada teknologi kapal dunia yang bisa mengalahkan teknologi pinisi?

seratus rupiah Perahu phinisi merupakan uang yang sesuai yang ada dalam KUKI

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...