Ads

26 April 2010

Mengenal Si Panda Merah

Bagikan:

Tahukah kalian kalau panda tidak hanya berwarna hitam dan putih saja? Ada spesies panda lain yang berwarna merah kecoklatan. Orang-orang menyebutnya panda merah.

Panda merah banyak tinggal di wilayah Asia Tengah, seperti pegunungan Himalaya, Bhutan, China, India, Laos, Myanmar dan Nepal.

Hewan lucu yang memiliki nama latin Ailurus fulgens ini, sangat suka tidur dan bermain-main di atas pohon. Ia suka makan bambu, akar-akaran,telur, anak burung dan hewan-hewan kecil.

Bentuk panda merah tidak sama dengan panda dari China. Panjang tubuhnya antara 50-65 cm dan ekornya antara 30 sampai 50 cm. Ia memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam.

Wajahnya bulat berwarna putih dengan garis merah kecoklatan dari mata ke mulutnya. Ekornya yang panjang memiliki corak duabelas cincin merah dan coklat-muda berselang-seling. Tapak kakinya ditutupi oleh bulu berwarna putih, yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuh serta untuk berjalan di atas permukaan salju atau es.

Meskipun memiliki bentuk tubuh yang berbeda panda merah dan panda China memiliki kesamaan, yaitu keduanya memiliki lima jari dengan ekstra jari di samping jari-jarinya. Panda merah termasuk hewan mamalia.

Biasanya seekor induk panda hanya melahirkan dua ekor anak panda. Ketika lahir, bayi-bayi panda merah buta, tetapi mereka akan mulai melihat setelah berumur tiga minggu.

Saat ini panda merah termasuk hewan yang dilindungi dan terancam punah. Karena, hutan tempat mereka tinggal sudah banyak yang rusak atau ditebang oleh manusia.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...