6 Cara Baru Memperkuat Ingatan

Enam Cara Baru Kuatkan Memori

TIDAK bisa memusatkan pikiran? Solusi sederhana seperti mengonsumsi buah kaya antioksidan mampu memperbaiki kesehatan otak Anda. Tapi, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa di antaranya:

Tidur
Anda hendak melakukan presentasi dan menghabiskan malam dengan menghapal dan mempelajari teks? Ada baiknya mengistirahatkan pikiran dengan tidur paling tidak enam jam semalam. Cara ini, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Learning and Memory, membantu mempertajam memori. Tidur, terang peneliti, membantu otak mengumpulkan dan mengatur informasi, sehingga bisa kembali kepada Anda dengan benar. Jadi, segeralah mencoba.

Mengudap kacang
Semua jenis kacang kaya akan magnesium, mineral yang berfungsi memperbaiki memori jangka pendek dan jangka panjang. Segenggam almond atau jenis kacang lainnya bisa menyediakan 25 persen kebutuhan magnesium harian Anda. Menurut peneliti dari Massachusetts Institute of Technology dan Tsinghua University, magnesium kelihatannya mendorong terjalinnya jaringan baru antara sel-sel otak.

Masak gaya Italia
Bukan dengan cara menambah pizza, tapi mengonsumsi ikan, sayuran bertabur minyak zaitun dan sedikit daging dan anggur. Seiring penuaan, otak mulai mengalami kesulitan untuk berpikir dan mengingat. Tapi, penelitian menunjukkan, orang-orang yang menerapkan diet Mediterania berisiko 36 persen lebih kecil mengalami kerusakan tersebut.

Konsumsi blueberry
Buah satu ini membantu agar otak tetap tajam. Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, buah yang kaya anthocyanins (antioksidan sumber warna biru cerah pada blueberry) ini mendorong komunikasi neuron-neuron di otak. Hal ini berfungsi menunda hilangnya memori.

Rileks
Kehidupan yang sibuk, menurut sebuah studi dari University of Rochester, bisa membuat Anda sangat cemas sehingga otak tidak bisa menerima informasi baru. Frank Felberbaum, presiden Memory Training Systems di New York City, menganjurkan Anda untuk menarik napas dalam-dalam secara teratur. Selain menarik napas dalam-dalam, jalan-jalan di alam terbuka dan yoga juga bisa menenangkan pikiran.

Main scrabble atau mengisi teka-teki silang
Melatih keterampilan kata-kata, menurut sebuah studi yyang dipublikasikan di Neurology, bisa mencegah hilang ingatan. Cobalah menyediakan buku-buku berisi teka-teki silang dan meluangkan waktu untuk mengasah otak Anda setiap harinya.

Comments