Ads

31 Mei 2010

Cara Mengatasi Ketombe

Bagikan:


Ketombe (juga disebut sindap dan kelemumur; dengan nama ilmiah Pityriasis capitis) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala. Sel-sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlahnya sedikit. Namun demikian, ada orang yang mengalami secara terus menerus (kronis ataupun sekali-sekali, pengelupasan dalam jumlah yang besar yang diikuti dengan pemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus atau pengobatan bebas.
Ketombe dapat juga merupakan gejala seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut. Bila mengalami ketombe, menggaruk kepala secara berlebihan harus dihindari. Menggaruk bagian tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit, yang selanjutnya dapat meningkatkan risiko infeksi, terutama sekali dari bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus. Walaupun infeksi bakteri ini merupakan risiko terbesar dari ketombe, kebanyakan orang akan menemukan bahwa ketombe dapat menyebabkan isu sosial hilangnya kepercayaan diri bagi penderitanya. Oleh karenanya, pengobatan segera menjadi sangat penting untuk murni alasan sosial.

ketombe disebabkan oleh sel-sel epidermal yg terdorong keluar, di mana mereka pada akhirnya mati dan terkelupas dari kepala. Pada umumnya, pengelupasan ini terlalu kecil untuk dapat terlihat mata. Namun demikian, kondisi tertentu menyebabkan pergantian/pertumbuhan sel menjadi terlalu cepat, khususya umum terjadi di kulit kepala. Pada orang berketombe, sel-sel kulit mungkin mati dan digantikan setiap kira-kira dua minggu sekali, sedangkan pada orang tanpa ketombe, siklus ini berlangsung satu bulan sekali. Hasilnya, sel-sel kulit mati akan terlepas dan menumpuk dalam jumlah yang besar, yang tampak sebagai serpihan-serpihan kecil berwarna putih atau kelabu di kulit kepala.


Ada 3 tips menghilangkan ketombe yang bandel:

1. cara ngilangin ketombe obat tradisional, coba pakai buah mengkudu, haluskan, usapkan merata pada rambut, diamkan selama 30 menit, memang sih bau baget tapi ampuh loh asal dilakukan rutin. (agak repot?)coba cara ke-2…

2. tips menghilangkan ketombe dengan kangkung. Percaya atau ga’ kamu bisa mencobanya.

Caranya ambil kangkung 2 sampai 3 genggam, kemudian dirajang kecil-kecil. Setelah kangkung di rajang, rendam potongan kangkung tersebut selama semalam sampai air rendamannya berwarna kebiru-biruan. Setelah itu pisahkan air dengan kangkungnya.

Oleskan air kangkung tersebut ke kepala 2 sampai 3 kali. Biarkan 15 menit baru dibilas sampai bersih. Jika ada ketombe, pada saat di oleskan kulit kepala akan terasa perih. Agar hasil lebih maksimal gunakan setiap hari jika kamu ingin sembuh.

3. Lakukan kebiasaan menyisir rambut sebelum tidur. Ini berlaku utk cwok dan cwek. Percaya ato ga’ , funginya menyisir rambut sblm tidur utk melancarkan sirkulasi udara dan peredaran darah kulit kepala kita.apalagi seetiap mlamnya, sel2 baru tumbuh menggantikan sel2 yg mati.ini bermanfaat bnget buat cwek2 yg punya rambut panjang(utk mencegah kerontokan rambut).

1 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...