Ada Lo, Kampung Khusus Anjing di Brazil

Ada Lo, Kampung Khusus Anjing di Brazil

Rumah itu tanpa nomor, nama jalan, dan nomor blok. Namun penghuninya tak pernah nyasar dan menemukan rumahnya dengan tepat. Dan, jangan coba-coba berulah di kampung ini, karena penghuninya tak segan untuk menyalak bersama.

Inilah pemandangan di kampung anjing yang didirikan organisasi nirlaba So Ama, atau "Hanya Cinta". Kampung ini menjadi rumah bagi 1.600 anjing liar yang selama ini berkeliaran di jalanan kota itu. Sekilas, barisan seribuan rumah anjing itu mirip rumah-rumah kumuh dalam setting film sohor City of God yang menyabet empat Oscar itu.

"Kami mulai dengan kenaifan ingin mengubah dunia, dan tanpa diduga, proyek ini semakin besar," kata Natasha Oselame, kepala pemasaran untuk organisasi ini. Ia mengaku, kampung anjing itu masih jauh dari sempurna. Dia menyesalkan bahwa anjing - bersama dengan sekitar 200 kucing - harus hidup dalam kondisi tak begitu layak.

Oselame mengatakan biaya, termasuk biaya dokter hewan dan 13 ton makanan hewan bulan, jauh lebih besar dari sumbangan dan sekitar 14 ribu dolar AS yang ia terima setiap bulan dari pemerintah kota. Menurutnya, jika donatur makin seret, maka anjing-anjing itu terancam kembali ke jalanan dan mengais makan di tong sampah.

Comments