Bumi Pun Bisa Tertumbuk Meteor Raksasa

Bumi Pun Bisa Tertumbuk Meteor Raksasa

Dinosaurus musnah dari permukaan bumi ini lantaran meteor besar yang menghantam bumi jutaan tahun silam. Banyak ramalan maupun perkiraan bahwa kelak bumi akan mengalami 'kiamat' kecil seperti di masa dinosaurus itu.

Setiap hari, jam, maupun menit, begitu banyak meteor yang bertebangan di sekitar planit biru ini. Bukan mustahil, suatu masa nanti, satu di antara meteor yang berukuran jumbo itu menghantam bumi. Seperti yang terjadi di Planet Jupiter.

Astronom baru-baru ini memecahkan misteri bola api yang terekam di Jupiter pada 3 Juni lalu. Bola besar yang menghantam planet itu rupanya meteor raksasa yang jatuh dan terbakar di atas puncak awan yang tinggi Jupiter. Kejadian itu terlacak melalui teleskop ruang angkasa, Hubble.

''Penyusup kosmis tidak menyelam cukup dalam ke ruang angkasa Jupiter untuk diledakkan, dan tidak ada awan puing-puing seperti yang terlihat dalam tumbukan Jupiter sebelumnya,'' kata astronom Hubble, yang menggambarkan ukuran meteor sebagai 'raksasa' dalam pernyataannya, Rabu (16/6).

''Kami menduga pada tahun 2010 ini mungkin ada dampak ledakan besar mengendarai bulu raksasa yang menyebabkan tidak adanya medan puing-puing yang bisa digambarkan,'' kata Heidi Hammel, pengamat Jupiter veteran di Space Science Institute di Boulder, Colorado, seperti diberitakan space.com.

Comments