Ads

12 Juni 2010

Fakta Tentang Siput Laut

Bagikan:

Tidak seperti siput pada umumnya, siput di laut memiliki warna yang sangat indah. Siput di laut sangatlah berwarna warni, karena pada umumnya siput laut yang biasa di panggil nudibranch(baca: nudi-brank) memakan makanan sangat beracun di dalam laut, sehingga seluruh badan siput laut ini sangatlah beracun jika di makan. Inilah sebabnya kita dapat menemukan siput laut berjalan-jalan dengan tenangnya di dasar laut tanpa perlu takut mereka akan di makan oleh binatang yang lebih besar.


Sayang siput laut ini tidak memiliki mata untuk melihat warnanya dia sendiri. Mereka berjalan-jalan di dasar laut dengan alat yang bernama rhinophores, yaitu dua tanduk yang terdapat di bagian depan dari siput itu. Tanduk-tanduk terserbut bukanlah digunakan sebagai alat perlindungan tapi merupakan alat untuk mendeteksi makanan dan arah kemana mereka berjalan. Selain itu, terdapat pula insang yang berbentuk rumbai-rumbai yang terletak di punggung siput ini. Rumbai-rumbai itu berfungsi seperti hidung bagi manusia.


Nudibranch memiliki kemampuan berkembang biak cukup pesat karena mereka sendiri adalah hewan berjenis kelamin ganda, sehingga mereka dapat menghasilkan telur tanpa perlu mencari pasangan walaupun itu sangat jarang terjadi.

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...