Mengenal Band Metallica


Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles - Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut.Pada tahun 1984, Metallica semakin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memperlancar promosi mereka juga mengeluarkan mini album Jump In The Fire.

September 1985, Metallica memproduksi album Master Of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan album yang meraih platinum tanpa single dan video.

Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.Pada 1983, Metallica berencana akan melakukan tur pendek kebeberapa kota. Sayang Hetfield dan Mustaine malah terlibat perseteruan, hingga akhirnya Mustaine keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett , gitaris dari grup Exodus.

1. James Hetfield (Vocal and Guitaris)

James lahir agustus 3 1963. Sejak umur 9 tahun James menyoba belajar piano gan. Tapi sejak 14 tahun dia mulai berpindah ke gitar. Di masa remajanya James mengikuti berbagai event band di mana-mana. Sejak tahun 1981 James
bergabung di metallica. Walau tidak pernah manjadi vocal sebelumnya namun di metallica dia di percayakan untuk menjadi vocal dan guitaris. Dan tidak di pungkiri lagi suara James amat sangat mengguncang para penonton.



2. Ron Mc Govney (Bass)

Ron McGovney, lahir 2 November 1962, ia adalah pemain bass Metallica yang pertama ketika Metallica dibentuk diawal 80'an. Ia digantikan oleh Cliff Burton, setelah ia meninggalkan Metallica. Ia sangat kecewa dengan musik, dan menjual semua peralatan musiknya. Namun beberapa tahun kemudian ia tertarik dengan band lain yang bernama Phantasm. Namun ia menyandang beban berat sebagai basis pertama Metallica, kemudian ia meninggalkan Phantasm band setelah melakukan beberapa show.


3. Lloyd Grant (Guitaris)

Lloyd Grant adalah guitaris berkulit hitam yang berasal dari jamaica.


Namun Llord Grant tidak lama berada di metallica hanya sampai Hit The Light


4. Lars Ulrich (Drumer)


Lars Ulrich (lahir di Gentofte, Denmark, 26 Desember 1963; umur 46 tahun) adalah drummer kelompok Metallica. Ayahnya adalah pemain tenis profesional dan musikus jazz Torben Ulrich yang bermain musik jazz bersama Stan Getz dan Miles Davis. Lars Ulrich mengikuti jejak ayahnya di kedua bidang ini, bermain tenis sejak kecil dan belajar main musik.

Tapi minat musiknya kemudian beralih setelah mendengar banyak kelompok musik dari the New Wave of English Heavy Metal (gelombang baru musik heavy metal dari Inggris). Pada usia sembilan tahun ia kemudian pergi menonton konser kelompok Deep Purple dan menjadi fan drummer Ian Paice. Ketika berusia tigabelas tahun ia mendapat satu set drum lengkap dengan doble pedal dari neneknya dan mulai berlatih dengan serius.

Empat tahun kemudian ia pergi ke Los Angeles, California, Amerika dengan niat untuk bermain tenis. Ia kemudian memasang iklan baris di salah satu koran lokal dan mendapat jawaban dari James Hetfield. Berdua mereka kemudian menjadi inti kelompok Metallica.



Metallica "Band Penghancur"

Metallica mendapatkan julukan ini karena setiap mereka selesai melakukan konser tempatnya selalu mengalami kerusakan yang cukup parah gan, maklum karena band ini beraliran keras. Tapi tidak hanya merusak tempat namun setiap mereka malakukan konser pasti di warnai aksi ricuh sana sini sampai-sampi dari pihak penyelenggara konser menyuruh metallica untuk tidak tampil sampai mereka berhenti ricuh.

Personi Metallica sekarang

Grup ini pada saat ini beranggotakan Lars Ulrich (drums), James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass).

Comments