Puntung Rokok Kandung Zat Antikarat

Studi: Puntung Rokok Kandung Zat Antikarat

Jangan buang Puntung rokok karena ada manfaat nyata. Berdasarkan penelitian para ilmuwan Cina, kandungan kimia dalam puntung rokok dapat dimanfaatkan untuk melindungi pipa baja dari karat.

Dalam tulisan yang dipublikasikan Komunitas Kimia Amerika, sebuah jurnal tentang penelitian kimia di bidang teknik dan industri, para ilmuan Cina mengidentifikasi ada sembilan kandungan kimia dalam putung rokok. Kenyataan itu mereka dapat setelah menguji sejumlah puntung ke dalam air.

Mereka menemukan adanya kandungan N80, sebuah bahan baja yang digunakan dalam pipa minyak, dan memiliki khasiat meproteksi baja dari karat. “Dengan material itu permukaan metal dapat terlindungi dan pengikisan atom besi dapat dihindari,” tulis mereka.

Bahkan, bahan kimia lain, termasuk nikotin, juga menjadi zat menyebabkan efek antikorosi ini. Penelitian ini dipimpin Jun Zhao dari Universitas Xi’an Jiantong, Cina dan didanai oleh Perusahaan Minyak Nasional Cina.

Mereka melakukan penelitian itu didorong efek korosi dalam pipa baja yang membuat produser minyak menghabiskan jutaan dollar tiap tahunnya hanya untuk memperbaiki saja. Sementara, sekitar 4,5 milyar puntung rokok beredar di lingkungan setiap tahunnya.

Selain merusak pemandangan, puntung tersebut juga mengandung sejumlah racun yang dapat membunuh ikan. "Daur ulang sebenarnya dapat memecahkan masalah itu, tetapi menemukan manfaat praktis puntung rokok saja sudah merupakan hal yang sulit," tulis para peneliti.

Cina merupakan negara pengkonsumsi rokok terbesar di dunia dengan 300 juta perokok atau sepertiga dari perokok aktif di dunia. Dalam seharinya hampir 60 persen laki-laki di Cina mengisap 15 batang rokok.

Comments