Ads

17 Juli 2010

Cara Menilai Orang Dari Gerakan Bola Matanya

Bagikan:


Menilai seseorang melalui mata yang paling sering di lakukan orang adalah saat mengetes apakah lawan bicara anda itu bohong atau tidak.
kali ini ane mau memberikan tips jika agan2 mau menilai seseorang dari gerakan bola matanya. tidak hanya menilai apakah orang itu berbohong atau tidak, tapi ane akan memaparkannya secara lebih lengkap dan detail.

Kiri Atas = mengingat kejadian yg tlah terjadi(Memori Visual)
Saat seseorang mengingat sesuatu yang berhubungan dengan memori/ingatan visual, seperti gambar, bentuk, warna, dsb. Orang cenderung akan menggerakan matanya ke KIRI ATAS. Karena di sudut inilah mata kita punya link untuk berhubungan ama memori visual dalam otak.

Contoh :
Saat seseorang inget2 warna baju yang dipake pacarnya malem minggu kemaren, warna seragam baju waktu TK, bentuk pesawat F-16, poster yang ditempel dikamar waktu SMP, ato yang lain.

Tes :
Coba tanyain ke temen, “Apa warna seragam waktu TK?” (Ato yang lain) dan kalo dia butuh waktu –beberapa detik- buat inget2, matannya kebanyakan akan mengarah ke kiri atas. Kecuali dia udah hafal diluar kepala.


Kiri Tengah = Mengingat suara yg pernah didengar (Memori Auditori)
Mata akan mengarah ke sisi KANAN TENGAH saat mengingat memori auditori, seperti suara. Karena di sudut inilah mata kita punya link untuk berhubungan ama memori Auditori dalam otak.

Contoh :
Saat inget2 suara/pesan dari ibu buat belanja ke pasar, inget pengumuman lewat speaker, dsb yang berhubungan dengan pendengaran.

Kanan Bawah = merasakan kembali perasaan yg pernah dialami sebelumnya ( Memori Kinestetik)
Saat mengingat memori yang berkaitan dengan rasa, perasaan dan keadaan. Mata akan cenderung bergerak kea rah KANAN BAWAH. Karena mata akan lebih mudah mengingat yang berhubungan dengan memori kinestetik pada arah ini.

Contoh :
Saat mengingat rasa dari makanan, saat mengingat rasa saat dinginnya ujan2nan, rasa saat dipuji sang kekasih, dsb.

Kanan Atas = membayangkan sesuatu yg belum pernah dilihat sebelumnya (Imajinasi Visual)
KANAN ATAS, mata akan cenderung bergerak kearah ini apabila sedang mengimajinasikan yang berhubungan dengan visual. Karena pada arah ini mata cenderung mengarah ke korteks imajinasi visual.

Contoh :
Berimajinasi bagaimana kalo wajah bapak anda punya kumis kotak & tebel, ato bayangin sapi yang hanya punya 1 kaki, dsb.

Kanan Tengah = membayangkan suara yang belum pernah didengar sebelumnya (Imajinasi Auditori)
Saat orang mengimajinasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Auditori ato pendengaran, mata cenderung akan bergerak kearah korteks yang berhubungan dengan imajinasi auditori, yaitu KANAN TENGAH. Karena di sudut inilah mata kita punya link untuk berhubungan ama Imajinasi Auditori dalam otaknya.

Contoh :
Bayangkan suara kakek2 umur 100 tahun marah2. Bayangkan suara anjing saat kelaparan, dsb.

Kiri Bawah = merasakan perasaan yang berhubungan dgn diri sendiri (Imajinasi Kinestetik)
Pada korteks ini, mata kan mengarah saat mengimajinasikan sesuatu yang berhubungan dengan rasa, perasaan dan keadaan. Karena pada arah ini mata menuju kearah link yang mempermudah untuk berimajinasi kinestetik. Akan cenderung kearah KIRI BAWAH.

Contoh :
Bagaimana merasakan buah jeruk yang sangat asem. Bayangkan bagaimana rasanya ujan2nan malam hari di musim dingin, dsb.

Sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4730213

0 comments:

Berikan Komentar Anda:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...