Cari Parkir Tinggal Sentuh Layar


Barcelona-Mahasiswa dari Universitat Autònoma de Barcelona (UAB), baru-baru ini berhasil mengembangkan sistem XALOC yang mampu mendeteksi tempat parkir yang kosong cukup dengan sekali sentuh pada layar di dalam mobil.

Intinya, dengan memasang beberapa layar di lokasi tertentu kita bisa tahu di area mana yang masih tersedia tempat parkir dan hebatnya lagi, layar ini akan menunjukkan dengan tepat lokasi yang kosong tersebut seperti memberikan tanda ke kanan atau ke kiri.

Sistem ini juga akan menunjukkan arah sesuai dengan lokasi mobil kita sehingga mereka akan memberikan petunjuk ke tempat kosong yang terdekat dengan mobil.

Untuk membuat sistem ini, di setiap tempat parkir akan ditanam sensor pada bagian tengahnya yang kemudian sensor tersebut akan mengirim data apakah tempat tersebut kosong atau terisi secara nirkabel.

Data tersebut akan dikirim ke jarinan secara real-time dan kemudian data yang ada akan ditampilkan di layar yang ada secara up-to-date sehingga kita bisa langsung tahu kalau ada tempat parkir kosong atau tidak.

Keuntungan dari sistem ini tentu saja bukan membuat pelanggan lebih nyaman tetapi juga mengurangi pemborosan bensin akibat memutar tanpa arah untuk mencari tempat parkir yang kososng dan artinya sekaligus mengurangi pencemaran dari gas CO2.

Comments