Casillas Penyelamat, Iniesta Sang Pahlawan


Semua pemain Spanyol pantas disebut sebagai pemenang di Piala Dunia 2010. Kemenangan itu antara lain berkat penyelamatan gemilan kiper Iker Casillas dan aksi heroik Andres Iniesta.

Casillas setidaknya melakukan dua penyelamatan gemilang terhadap serangan Arjen Robben selama 50 menit permainan. Dua belas menit kemudian, umpan Wesley Sneijder kembali disongsong Robben di kotak penalti. Casillas sudah tertipu, tapi tendangan jarak dekat Robben melenceng karena mengenai kaki "Saint Iker".

Di menit ke-83, Casillas bertindak sigap dengan menangkap Jabulani. Robben yang kesal karena merasa dijatuhkan akhirnya mendapat kartu kuning akibat protes berlebihan.

Sampai pertandingan final berakhir, kapten Spanyol itu telah mencatat 16 kali penyelamatan. Salah satunya terjadi ketika ia berhasil menahan penalti ketika lawan Paraguay.

Jika Casillas menjadi penyelamat, Iniesta adalah pemain yang memenangkan tim "Matador" di laga final. Gol tunggalnya ke gawang Belanda menyudahi penantian puluhan tahun dari "La Furia Roja" untuk meraih gelar pertamanya di ajang ini.

Sejauh ini, Iniesta merupakan tokoh penting yang selalu mengganggu konsetrasi lawan dengan gerakan-gerakannya di dekat kotak penalti. Ketenangannya dalam membuka pertahanan lawan memudahkan Spanyol untuk mencari celah mencetak gol.

Selama ini Iniesta dianggap sebagai pasangan Xavi Hernandez dalam suplai bola di timnas. Namun, peran itu sesungguhnya dipegang oleh trio pengumpan di lini tengah yang terdiri dari Xavi, Xabi Alonso, dan Sergio Busquets. Ketiganya menempati urutan tertinggi dalam hal memberi bola kepada kawan. Xavi mencatat 658 umpan, Busquet 539 operan, dan Alonso 520 kali membagikan bola. Semua pemain tengah Spanyol memberikan umpan dengan akurasi lebih dari 85 persen.

Comments