Fakta Menarik Dibalik Film Matrix

Photobucket

Tahukah anda kalo dalam pembuatan film ini, jalan 3 jalur sepanjang 1.4 mil harus dibangun hanya untuk keperluan syuting khususnya adegan kejar-kejaran di jalan tol. Jalan ini dibangun di pangkalan Militer yang tidak digunakan lagi yaitu bertempat di Alameda Point Navy Base. Dan jalan ini kesemuanya dihancurkan pada akhir proses syuting. (kira2 pake tender ga yah?trus kontraktornya sapa yah)

Photobucket
ini model jalan yang akan dibikin

Photobucket
ini yang udah hampir jadi

Proses pembuatan adegan kejar kejaran ini menghabiskan waktu hampir 3 bulan syuting. Proses ini merupakan proses yang paling lama dalam jadwal pengambilan gambar (syuting) film ini secara keseluruhan.

Photobucket
ini pada saat briefing adegan kejar-kejaran gan

Sebenarnya jalan tol di Akron, Ohio adalah pilihan utama untuk adegan kejar-kerajaran mobil ini, tapi para kru film memutuskan untuk tidak syuting disana dikarenakan membutuhkan waktu 1 jam untuk mempersiapkan semua mobil hanya untuk satu take adegan saja. (Nah kalo adegannya salah, maka adegan di ulang dan butuh 1 jam buat mempersiapkan mobil lagi, bisa keburu imsak,hahaha). makanya diputuskan untuk membangun jalan sendiri buat keperluan syuting.

Photobucket

Dan tahukah anda kalo dalam pembuatan film ini General Motor Corporation menyumbangkan 300 mobil untuk keperluan proses syuting (untuk adegan-kejar2an di jalan tol dan adegan lain di film) dan pada akhirnya semua mobil ga ada yang sempurna lagi alias ringsek/rusak (baik itu ringan atau berat)

Photobucket

Tahukah anda kalo spesial effect film ini menghabiskan biaya sekitar $100 juta US dollar, padahal budgetnya sendiri hanya sekitar $150 juta dollar, weleh weleh

FX

Penasaran khan waktu pas liat trinity ngehack sistem di Power Station (kalo kita nyebutnya PLN) buat matiin lampu seisi kota, Trinity menggunakan perangkat hack asli buat masuk, dia menggunakan Nmap versi 2.54BETA25 (alat scan port yang benar-benar ada) untuk mencari kelemahan SSH server, dan menggunakan SSH1 CRC32 tahun 2001 buat masuk.

trinity

Dan ketika Trinity masuk ke sistem computernya PLN, password yang digunakan adalah Z1ON0101

nmap

Hanya beberapa cloningan Agen Smith yang diperankan oleh Hugo Weaving dan sisanya adalah bukan. Casting terbuka diadakan untuk mencari pria yang memiliki bentuk struktur badan yang sama dan kemudian diedit dengan wajah Hugo Weaving kemudian.

agent smith

Adegan perkelahian keroyokan Neo vs Smith dan cloningannya (disebut juga The Burly Brawl scene) menghabiskan waktu 27 hari syuting.

Photobucket

Terdapat hampir 2000 nama yang terdapat dalam akhir credit, tepatnya 1,943 nama.

Carrie-Anne Moss melakukan sendiri beberapa adegan mengenderai motor tanpa stunt dalam scene adegan kejar-kejaran di jalan raya.

Photobucket

Carrie-Anne Moss membutuhkan waktu enam bulan hanya untuk melakukan adegan "Scorpion Kick" (adegan yang di awal film) sampai benar-benar sempurna.

Sejatinya film ini di larang beredar di Mesir karena menyinggung ke arah agama, tetapi kemudian disetujui oleh Badan sensor nya Negara.

Lara Dutta ditawari peran dalam film ini dan juga dalam film The Matrix Revolutions (2003), tetapi akhirnya menolak karena dia ga suka ama naskahnya (bingung kali yah, saya ajah yang nonton bingung, hahaha)

lara dutta

Menurut pejabat kota Oakland yang bekerja dengan para pembuat film pada saat penggambilan gambar di kota Oakland mengatakan bahwa semua warna merah dan biru harus disingkirkan dalam proses syuting, sehingga trotoar tepi jalan harus dcat ulang untuk menghilangkan warna tersebut. Juga, tidak boleh ada tumbuh-tumbuhan atau tanaman lain yang berwarna hijau, sehingga pembuatan film ini dilakukan selama musim dingin sebelum tumbuh tunas daun baru pohon-pohon di musim semi.

oakland

Laurence Fishburne, Jada Pinkett Smith, dan Anthony Wong semuanya langsung ikut proyek ini tanpa membaca scriptnya terlebih dahulu.

jada wong

Samsung memproduksi 10,000 hand phone seperti yang digunakan dalam film (model SPH-N270) dan laku seperti kacang goreng.

samsung matrix phone

Pendapatan terakhir film ini adalah $735,000,000 box office seluruh dunia, ini adalah pendapatan paling tinggi untuk film R-rated (Restricted) dalam sejarah perfilman dunia.

rated R

Comments

  1. Bpleh gak aku coppas buat mading sekolah ??Abis artikelnya kren !!!!!!!

    ReplyDelete
  2. silahkan aja di copas isinya. aslkan di cantumin sumbernya...

    ReplyDelete

Post a Comment