Honda Siapkan Dua Skutik Anyar



Honda motor tampaknya akan terus menggempur pasar skuter otomatik (skutik) di Indonesia. Diam-diam PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menyiapkan dua model baru, tetapi untuk tahun depan.

Persiapan ini ditemukan Kompas.com setelah melihat dokumen izin produksi dua unit baru dengan kode NC 11A3C A/T menggendong mesin berkapasitas 108 cc yang diproduksi 520.000 unit. Lainnya, NC110A1C A/T juga berkapasitas 108 cc dengan pengajuan produksi 140.000 unit. Kedua tipe tersebut mengantongi izin produksi tertanggal 1 Juli 2010.

Terkait hal ini, Kompas.com coba mengonfirmasi kepada Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM, di Cikarang, hari ini. "Karena pasar skutik terus berkembang, kita akan terus siapkan produk-produk baru di segmen ini untuk menggairahkan pasar," ujar Loman.

Saat ditanya waktu peluncuran produk baru ini, Loman menegaskan tak akan ada lagi produk skutik yang diluncurkan pada tahun ini. "Kalau itu, tunggu tahun depan," jawabnya singkat.

Keseriusan AHM menggarap pasar skutik ditunjukkan dengan meluncurkan Scoopy dan PCX. Setelah sebelumnya Vario, Beat, dan Vario Techno. Sementara kompetitor Yamaha masih mendominasi pasar dengan produk andalan Mio, Mio Soul, dan Xeon.

Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) memprediksi total pasar sepeda motor Indonesia akan menyentuh 6,8 juta unit. Dari jumlah itu, sekitar 45 persen akan diserap skutik.

Comments