Kaskus Tembus 1000 Situs Teratas Versi Google



Forum komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus berhasil masuk dalam daftar 1000 situs teratas versi Google.

Berdasarkan data Google AdPlanner untuk April 2010, Kaskus menduduki peringkat 755 dari 1000 situs terpopuler di dunia. Kaskus mendulang 5,1 juta pengunjung unik dan 170 juta page view.

Jumlah pengunjung unik Kaskus sama dengan jumlah pengunjung situs jejaring sosial Bebo (peringkat 747) dan situs NationalGeographic.com (752). Hanya saja page view Kaskus masih di bawah Bebo (1,9 miliar page view) dan National Geographic (96 juta).

Yang patut membuat Kaskuser (pengguna loyal Kaskus) bangga, peringkat Kaskus berada jauh di atas beberapa situs ternama. Mulai dari situs teknologi Techcrunch (850), ZDnet (853), layanan pesan instan dan email Meebo (863), aplikasi foto untuk Twitter Tweetphoto (883), dan situs berita bisnis Bloomberg (884).

Kaskus adalah situs forum internet yang didirikan oleh tiga mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat: Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan pada 1999. Awalnya situs ini didirikan sebagai medium pelepas rasa kangen para mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Belakangan, situs ini berkembang menjadi komunitas online terbesar di Indonesia, dengan jumlah pageviews yang diklaim Kaskus mencapai 15 juta per hari. Lebih dari 140 juta post dibuat di forum ini.

Belum lama ini Kaskus juga meluncurkan layanan baru, yakni sistem pembayaran online KasPay, dan radio internet KaskusRadio. Selain Kaskus, situs Indonesia yang berhasil menembus daftar 1000 situs teratas adalah Kompas, yang menduduki peringkat 956.

Data Google AdPlanner sendiri disediakan oleh Double Click, sebuah perusahaan penyedia data untuk keperluan pengiklan internet yang belum lama ini diakuisisi oleh Google. Namun daftar yang dilansir oleh Double Click tidak menyertakan peringkat Google serta layanan Google lain seperti YouTube dan Gmail.

Comments