Keyboard Bersih, Tubuh Sehat


Keyboard perlu terus dijaga kebersihannya. Noda makanan yang menempel dan minyak dari kulit yang menempel pada tuts keyboard akan menjadi sarang kuman. Apalagi jika Anda tidak terbiasa mencuci tangan sebelum menggunakan keyboard, wah, makin beragam lagi kuman-kuman yang menempel. Mungkin terdengar sepele, namun, ini adalah tindakan pencegahan yang penting. Berikut adalah upaya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keyboard tetap dalam keadaan bersih.

1. Bacalah petunjuk manual pemilik barang untuk instruksi spesifik dari produk tersebut.
2. Kumpulkan alat pembersih. Mulai dari lap kain, cairan pembersih kuman, seperti isopropyl alkohol, atau cairan siap pakai untuk membersihkan perangkat elektronik.
3. Pastikan keyboard tidak dalam keadaan tercolok pada CPU atau pastikan semua kabel alat elektronik pada stop kontak sudah tercabut.
4. Untuk awalnya, targetkan pada kotoran yang terlihat oleh mata, seperti remah-remah makanan, tiupkan dengan nozzleatau sapukan dengan kuas kecil.
5. Setelah membuat kotoran-kotoran tersebut lebih longgar, balikkan keyboard, dan goncang-goncang untuk meruntuhkan kotoran tersebut.
6. Letakkan kembali keyboard-nya. Basahkan kain lap dengan cairan pembersih, bersihkan tuts keyboard secara seksama. Jika memungkinkan, congkel tiap tuts supaya lebih total, asal Anda bisa memasangkan tuts tersebut kembali dengan urutan yang benar.
7. Biarkan keyboard mengering sebelum kembali dicolokkan ke listrik atau ke komputer.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melindungi keyboard dari kotoran adalah dengan membeli sarung penutupkeyboard berbentuk plastik. Sarung plastik khusus ini biasanya sudah dirancang untuk masuk persis pada keyboarddan tuts-tutsnya.

Penutup keyboard semacam ini mencegah remah-remah dan debu jatuh dan menyelip pada tuts keyboard. Penutup semacam ini pun lebih mudah dibersihkan. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk menahan diri agar tidak makan di sekitar keyboard dan selalu mencoba untuk mencuci tangan sebelum mulai bekerja dengan keyboard.

Comments