Laki-laki Makhluk Serbabisa? Eit, Studi Buktikan Perempuanlah Ahlinya

Laki-laki Makhluk Serbabisa? Eit, Studi Buktikan Perempuanlah Ahlinya

Dominasi laki-laki dalam berbagai bidang tidak serta-merta mengantarkan mereka menjadi mahluk serba-bisa. Pasalnya, hasil riset menunjukan perempuan memiliki kualitas lebih baik sebagai mahluk serba-bisa di planet bumi. Temuan ini sekaligus memupuskan klaim kuno yang menyatakan laki-laki lebih optimal melakukan beberapa tugas atau pekerjaan sekaligus ketimbang perempuan.

Sebelumnya, tim riset memutuskan untuk menguji kebenaran klaim masa lalu tentang hegemoni laki-laki setelah melihat minimnya riset terkait hal itu. Peneliti kemudian melibatkan sejumlah tes pada laki-laki dan perempuan. Tes yang diberikan terbilang sederhana, mencari sebuah kunci, mencari restoran dengan peta dan menyelesaikan soal matematika sederhana.

Tak hanya itu, oleh peneliti, relawan diberikan tugas tambahan seperti menerima telepon. Telepon itu menjadi semacam pilihan bagi relawan apakah akan diangkat atau diacuhkan bila berdering. Jika mereka tidak mengangkat, mereka akan diberikan tambahan tes pengetahuan umum sembari melanjutkan tugas yang sedang dikerjakan. Dari keseluruhan tes, secara meyakinkan peneliti mencatat perempuan memperoleh hasil yang lebih baik ketimbang laki-laki.

Pakar Psikologi Universitas Hertfordshire, Keith laws menyatakan hasil riset memang cukup mengejutkan mengingat kepercayaan yang berkembang di masyarakat lebih cenderung memihak laki-laki ketimbang perempuan. Kenyataannya, kata dia, perempuan jauh lebih baik mengerjakan semuanya. "Memang harus diakui ketiadaan bukti terkait ini merupakan persoalan besar. Umumnya, masyarakat cenderung percaya dengan cerita yang berkembang ketimbang literasi ilmu pengetahuan," ujarnya seperti dikutip dari Telegraph, akhir pekan lalu.

Guru besar itu menambahkan laki-laki seharusnya memiliki tingkat perhatian lebih baik ketimbang perempuan sehingga mereka setidaknya bisa mendapatkan hasil baik ketika mencari kunci atau restoran dengan peta. "Sayangnya, dari semua tugas yang kami berikan, pria nampaknya tidak memperhatikan renana dan strategi dalam menyelesaikan tugas tersebut," katanya.

Laws menilai laki-laki cenderung memulai tugas dengan menggunakan sedikit logika dan minim perhitungan. Sebaliknya perempuan memulainya dengan cukup cerdas dimana mereka memusatkan pencarian berdasarkan perhitungan dan perkiraan yang matang. "Hal ini menunjukan bahwa perempuan jauh lebih baik, sabar dan mencari momen yang tepat kendati ada unsur menerka di dalamnya," pungkas Laws.

Comments