Proses Penggantian Ban Pesawat

Alkisah setelah landing, Pak Captain menerima laporan dari Pak Teknisi klo d ban ada sesuatu yg aneh..setelah diperiksa (Captain nya sekalian Walk Around Check utk next flight menuju Jakarta) ternyata benar,ada kejanggalan di bagian Main Landing Gear (ban belakang) kiri..

Lihat titik kecil yg ditunjuk..:


See?Yap,ada bagian ban yang terkikis..klo kita bandingin sama keseluruhan bag pesawat,'spot' yg kecil kan?dan disitulah ketelitian insan penerbangan dituntut,krn ini menyangkut keselamatan penumpang yg akan dibawa..

Setelah diamati,bagian yg terkikis itu ternyata melebihi batas toleransi..dan itu artinya,ban tersebut sudah tidak layak dipakai dan HARUS diganti..maka,dimulailah proses penggantian ban tersebut..

Proses penggantian ban:

1.Dongkraknya (yg warna kuning) dimasukkan di bawah landing gear..


2. Let the dongkraking begin..dongkraak maang..:



3. Dongkrak selesai,lanjutkan sesuai rencana..kerjakan!:


4. Pelepasan tanda jabatan,eh salah,baut2 ban maksud ane :


5. Baut2 bannya udah slesai dilepas, sekarang bannya dilepas utk diganti.:


6. Ternyata beraat gaan..need backup:


7. Angkuut..:


8. Berhasiil..


9. Here comes the new landing gear..:


10. Ban yg baru langsung dipasang..angkut lagii:


11. Roda baru yg sdg dipasang..:


12. Roda baru yg sdg dipasang (part.2)..:


13. Pengencangan baut pada ban..:


14. Prosesi "Finishing Touch",hehee..:


5. Penarikan dongkrak..(btw,dongkraknya berat bgt lho, sampe2 butuh 4 org dewasa buat narik dongkraknya):

Comments