Robot Pele Beraksi di Singapura


Seluruh perhatian dunia tertuju pada ajang Piala Dunia 2010. Tidak terkecuali kompetisi robot yang digelar di Singapura.

Salah satu robot yang dikompetisikan adalah robot Pele, pemain bola legendaris asal Brasil. Kali ini, robot Pele berhasil mencetak gol kemenangan di ajang RoboCup 2010.

Robo-Pele merupakan robot buatan National University of Singapore yang dilombakan untuk turnamen robot tahunan dunia tersebut. Kompetisi robot itu sendiri diorganisir oleh Federasi RoboCup berbasis di Swiss, dan diadakan di Singapura untuk pertama kalinya. Tahun depan, kompetisi ini akan diadakan di Istanbul, Turki.

RoboCup Federation berharap, turnamen robot ini akan meningkatkan kemampuan di bidang artificial intelegence dan penelitian robotik di seluruh negara peserta.

"Sepakbola merupakan permainan terbaik yang benar-benar membutuhkan kekuatan mental, fisik, dan keahlian lainnya sekaligus. Tidak hanya kemampuan mental tapi juga fisik, dan kerja sama," ujar Ketua RoboCup untuk Singapura, Zhou Changjiu, seperti dikutip melalui Straits Times, Rabu (30/6/2010).

Comments