Siswa SMKN Lamongan Ciptakan Motor Bertenaga Elpiji

Siswa SMKN Lamongan Ciptakan Motor Bertenaga Elpiji

Siswa SMK Negeri 1 Sarirejo, Lamongan, Jawa Timur, menciptakan sepeda motor berbahan bakar elpiji. "Elpiji yang digunakan berukuran tiga kilogram dan terpasang di bagian belakang tempat duduk yang diberi plat besi sebagai penguat agar tidak jatuh," kata guru SMK Negeri 1 Sarirejo Aris, di Lamongan, Rabu.

Hasilnya, kata dia, sepeda motor bertenaga tiga kilogram elpiji itu mampu menempuh jarak sejauh 400 km dengan kecepatan rata-rata 60 km per jam.

"Dengan bahan bakar elpiji itu, polusi udara di Lamongan akan berkurang," katanya, di sela pameran memperingati hari ulang tahun Lamongan.

Pameran karya siswa yang digagas Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lamongan ini berlangsung di Lamongan Plaza.

"Pameran ini merupakan bentuk penghargaan terhadap karya para siswa di Lamongan yang masih membangun jati diri dan memacu karya mereka agar lebih baik lagi," kata Pelaksana tugas (Plt) Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Lamongan Aris Wibawa.

Sebanyak 27 unit pelaksana teknis (UPT) Dinas Pendidikan menampilkan produk unggulannya yang seluruhnya merupakan karya siswa. Karya itu dipamerkan di 38 anjungan lembaga pendidikan.

Karya lainnya di antaranya dari siswa asal Kecamatan Maduran yang memamerkan kain tenun ikat parengan, dan siswa dari Kecamatan Lamongan Kota berupa lukisan serta alat peraga pendidikan yaitu dakon ajar.

Dakon ajar ini bagian dari alat pengajaran matematika.

"Seluruh karya mereka ditampilkan apa adanya," katanya

Selain itu, siswa SMA BPPT AL Fatah menampilkan sejumlah karya ilmiah yang berhasil meraih penghargaan di antaranya aplikasi "light emitting diode" (LED) yang digunakan dalam budi daya "chorella" sebagai pakan ikan.

LED yang digunakan berwarna merah dan biru itu untuk membantu proses fotosintesis. Karya ini meraih juara kedua tingkat nasional Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diadakan Poltek Pertanian Jember.

Comments