Telah Lahir, Mega Bintang Raksasa di Angkasa

Telah Lahir, Mega Bintang Raksasa di Angkasa

PARIS--Dengan menggunakan teleskop berkekuatan penuh, astronom telah mengkonfirmasi teori kunci tentang formasi bintang raksasa. Menurut jurnal Nature yang melaporkan pada hari Rabu, gambar yang diperoleh orbit NASA Spitzer Space Telescope dan sebuah teleskop yang berbasis di Eropa, menunjukkan adanya keping berdebu yang sangat dekat mengelilingi sebuah bintang yang sangat besar yang sebelumnya tak pernah ada.

Ini adalah bukti langsung pertama tentang sebuah megabintang - dengan massa setidaknya 10 kali lebih besar dari matahari - dilahirkan dengan cara yang sama seperti bintang biasa. Teori sebelumnya menyebutkan, bintang-bintang besar terbentuk dari bintang-bintang yang lebih kecil yang bergabung.

"Ini adalah pertama kalinya kita mendapatkan gambar daerah bagian dalam dari keping di sekitar bintang muda yang besar," kata Stefan Kraus dari Observatorium Eropa Selatan. 'Pengamatan kami menunjukkan bahwa proses pembentukan untuk semua bintang sama, tanpa melihat massanya. "

Para astronom melihat sebuah bintang besar yang dikenal sebagai IRAS 13481-6124, sekitar 20 kali massa matahari, terletak sekitar 10.000 tahun cahaya di rasi Centaurus.

Comments