Tips Liburan ke Museum

ADA sejumlah persiapan agar liburan ke museum lebih seru. Pertama, kita perlu tahu jadwal museum itu buka. Di Jakarta, museum umumnya punya jadwal buka hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00 sampai 15.00.

Bila berencana mengikuti kegiatan di museum, ada baiknya bisa tiba di tujuan satu jam sebelum museum tutup. Kalau ingin membuat keramik di Museum Seni Rupa dan Keramik, sebaiknya sampai di museum itu dua jam sebelum tutup. Semakin lama waktu di museum, makin banyak waktu bagi kita berkegiatan, termasuk berkeliling melihat koleksi di museum.

Namun, tidak semua kegiatan di museum diadakan setiap hari. Beberapa aktivitas di museum diadakan sesuai pesanan pengunjung, seperti membuat wayang di Museum Wayang. Calon pengunjung yang ingin mencoba membuat wayang sebaiknya membuat janji dengan pengelola museum di nomor telepon 021-6929560. Janji ini diperlukan karena pengelola museum harus menyiapkan bahan untuk membuat wayang. Janjian seperti ini juga diperlukan bila kunjungan ke museum itu dilakukan beramai-ramai.

Bila ingin membuat keramik di Museum Seni Rupa dan Keramik bisa menghubungi telepon 021-6907062. Peminat yang ingin belajar membatik di Museum Tekstil bisa menelepon di nomor 021-5606613.

Selain itu, kegiatan di museum ini tentu saja membutuhkan biaya untuk mengganti bahan-bahan yang digunakan. Ongkosnya relatif murah. Untuk membatik selama satu jam, tarifnya Rp 35.000 per orang. Untuk membuat keramik, tarifnya Rp 25.000 sampai Rp 30.000 per orang. Kalau kita ikut kegiatan ini bersama 20 orang atau lebih, tarifnya bisa lebih murah lagi.

Sementara tarif pembuatan wayang tidak dipatok khusus, tetapi dikonsultasikan antara peminat dan pihak museum. Beberapa museum menyediakan jasa pemandu kunjungan untuk memberikan keterampilan di tempat yang kita inginkan. Jadi, kalau kita punya kelompok yang ingin membuat batik, keramik, atau wayang, bisa saja pemandu yang berkunjung ke tempat kita. Hanya saja, kita tidak bisa melihat ratusan koleksi museum.

Comments