Tips menjadi Single Backpacker


1. pastikan apakah agan benar-benar ingin melakukan perjalanan ini sendirian

2. pastikan pula jika tempat yang akan agan tuju merupakan tempat yang relatif aman dan tidak berkonflik

3. cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tujuan wisata agan, setidaknya untuk lebih memudahkan agan untuk menikmati perjalanan wisata ini..

4. lakukan perjalanan di malam hari untuk menghemat sewa penginapan dan pada pagi harinya agan bisa berwisata sepuasnya seharian.

5. bawa perbekalan makanan yang dapat menunda lapar seperti roti atau cokelat secukupnya, ini untuk menghindari kelaparan ketika dalam perjalanan bus/kereta dimana tak ada penjual makanan atau ketika agan dalam kondisi darurat.

6. bawa uang secukupnya (jangan berlebihan) dalam bentuk cash untuk berjaga-jaga bilamana tidak menemukan atm pada perjalanan agan.

7. tempatkan uang agan pada tempat yang aman dan (kalau bisa) pada tempat yang terpisah-pisah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kecurian.

8. jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan perjalanan agan.

9. bawalah obat-obatan untuk berjaga-jaga. obat yang perlu agan bawa antara lain : obat anti masuk angin, obat flu, obat pusing, minyak kayu putih, obat keram otot/keseleo (counterpain), plester, obat alergi (jika ada) dan obat anti mabok dalam perjalanan.

10. bawalah pakaian secukupnya dan jangan lupa untuk membawa jaket dan handuk kecil serta pakaian khusus jika agan pergi ke tempat yang bercuaca extrem.

11. bawalah kantong plastik besar untuk pakaian kotor agan agar tidak tercampur dengan pakaian bersih dan kantong plastik kecil untuk berjaga2 jika agan muntah di dalam perjalanan.

12. jangan lupa membawa alat komunikasi serta charger-nya agar agan tetap bisa dihubungi/menghubungi keluarga atau rekan agan.

13. pastikan bahwa tas yang akan agan gunakan dalam kondisi yang baik.

14. bawalah benang dan jarum jahit untuk berjaga2 bilamana ada baju atau tas agan yang sobek dalam perjalanan.

15. bawalah peta lokasi yang akan agan kunjungi. mungkin GPS akan membantu (jika punya)

16. jangan lupa membawa perlengkapan mandi secukupnya dan dalam ukuran yang kecil.

17. hindari jajan atau membeli barang yang kita butuhkan di perjalanan, akan lebih baik kita membawanya sendiri untuk menghemat pengeluaran.

18. tanyalah harga terlebih dahulu ketika makan untuk menghindari harga yang "ditembak" sang penjual.

19. jangan bertanya pada orang yang tidak meyakinkan seperti para calo, bertanyalah pada petugas resmi terminal atau stasiun.

20. gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama seperti sendal gunung atau sepatu.

21. minumlah vit. C untuk menjaga kondisi tubuh agan agar tetap vit selama perjalanan

22. selamat menikmati perjalanan agan..... jika belom mampu single, untuk latihan bisa dengan rombongan 2 orang atau lebih.

Comments