Tips Merawat UPS



UPS atau Uninterupted Power Supply merupakan alat yang wajib dimiliki oleh para pemilik komputer sebagai pengaman utama dari terjadinya pemadaman listrik secara tiba – tiba dari PLN, karena di Indonesia sendiri listrik masih belum stabil baik itu uptime maupun tegangannya. Hal ini biasanya terjadi di daerah – daerah, kalau di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya mungkin sudah mendingan.

Agar performa UPS selalu terjaga, maka dalam pengunaannya kita juga harus memperlakukan dan merawat dengan baik agar mampu mengamankan dan membackup daya untuk komputer kita disaat listrik padam. Nah, berikut ini ada beberapa tips dan cara merawat UPS agar lebih awet dan tahan lama :

* Untuk UPS baru pastikan untuk mencharge terlebih dahulu selama kurang lebih minimal 8 jam pertama hingga 12 jam agar performa batereinya bagus. Sama seperti baterei HP yang wajib dicharge dulu pada pemakaian pertamanya.

* Gunakan UPS sesuai spesifikasinya atau beban seharusnya. Penggunaan yang tidak sesuai beban akan menyebabkan baterai cepat drop dan rusak. Biasanya beban yang direkomendasikan hanya separuh dari yang tercantum pada UPS

* Jaga UPS agar tidak sampai kehabisan baterai ketika memback up pemadaman listrik. Rata – rata UPS dapat memback up hingga 15 menit, setelah itu UPS tidak tahan dan akan mati dengan sendirinya. Karena itu, begitu listrik padam sebaiknya segera lakukan persiapan untuk mematikan komputer dengan aman.

* Cabut sumber listrik UPS bila sedang tidak digunakan untuk menghindari panas terus menerus. Hal ini juga untuk menghindari panas pada stop kontak listrik dari UPS tersebut.

* Letakkan UPS pada tempat yang agak terbuka agar hawa panas yang dihasilkan ketika beroperasi bisa tersirkulasi dengan baik.

* Restart UPS dengan waktu kurang lebih 5 detik setelah Anda mematikan UPS, jangan langsung mematikan dan menghidupkannya secara tiba – tiba.

* Gunakan UPS hanya untuk kegunaannya saja seperti peralatan komputer yaitu CPU dan monitor. Jangan gunakan untuk peralatan elektronik lain selain yang diperuntukkannya.

Nah, itu beberapa tips dari saya semoga bisa bermanfaat dan mampu membuat UPS Anda lebih awet dan tahan lama. Kini dipasaran banyak jenis UPS mulai dari harga yang murah hingga yang mahal, namun tetap saja patokan harga belum bisa 100% menjamin kualitas dari UPS itu sendiri karena sekarang juga banyak yang palsu beredar dengan harga yang sama dengan yang asli namun kualitas lebih rendah.

Comments