10 Fakta Menarik Microsoft Yang Mungkin Anda Belum Ketahui


1. Penyebutan awal Microsoft

Nama Microsoft pertama sekali digunakan pada 29 November 1975 dalam sebuah surat dari Bill Gates yang ditunjukan kepada rekannya sesama pendiri Microsoft, Paul Allen. Namun, saat itu namanya ditulis sebagai Micro-soft yang merupakan singkatan dari Microcomputer dan Software. Registered brand ini resmi menjadi nama perusahaan setahun kemudian, yaitu pada tanggal 26 November 1976.

2. Brian Eno, yang Membuat "The Microsoft Sound"

Lagu start up Windows 95 atau yang disebut The Microsoft Sound, dibuat oleh Brian Eno. Untuk membuat sound tersebut, ia menggunakan alat bantu Apple Macintosh. Eno juga yang menulis musik untuk game komputer Spore.

3. Makanan Favorit di Microsoft Adalah Pizza

Meskipun tidak sebanyak Google, Microsoft menyediakan lebih dari 23 jenis minuman gratis. Minuman yang paling banyak dipilih oleh staff Microsoft adalah susu dan Orange Juice.

Untuk makanan, Microsoft mempunyai 35 kafetaria yang melayani sekitar 37.000 orang tiap harinya. Pizza memuncaki daftar makanan yang paling populer.

4. Microsoft Menggunakan Codename

Mulai dari awal sistem operasi, Microsoft mengerjakannya dengan codename. Daftar codename ini bisa dilihat di Wikipedia. Codename yang pernah digunakan sebelumnya antara lain "Longhorn" untuk Windows Vista, "Vienna" untuk Windows 7.

5. Rata - Rata umur "Softie"

Rata - rata umur karyawan Microsoft atau yang sering disebut "Softie" adalah 38 tahun dengan rata - rata gaji $106.000.

Saat ini Microsoft mempekerjakan 88.180 orang di bangunan seluas 32.404.796 meter persegi. Perbandingan tenaga kerja laki - laki dan wanita adalah 76% laki - laki

6. Microsoft Merayakan Ulang Tahun dengan M&Ms

Semua peruhaan pasti memiliki tradisinya masing - masing, tidak terkecuali Microsoft. Softie merayakan hari peringatan tahunan mereka dengan permen M&Ms

Untuk setiap satu tahun mereka bekerja, seorang karyawan Microsoft diberikan 1 pound M&Ms yang artinya tahun ini Bill Gates mendapatkan 35 pounds permen M&Ms.

7. Microsoft Mengalami Stock Split (Pemecahan Saham) 9 Kali

Microsoft telah melakukan pemecahan saham sebanyak 9 kali sejak Maret 1986. Sebuah perusahaan biasanya akan memecah saham apabila harga sahamnya menjadi sangat tinggi.

8. Microsoft Memiliki Banyak Koleksi Karya Seni

Microsoft adalah perusahaan kolektor karya seni terbesar dengan lebih dari 5.000 karya kontemporer termasuk lukisan, patung, karya di atas kertas, foto, keramik, kaca studio, dan karya multimedia. Microsoft mengumpulkan karya seni dari seniman lokal, seniman pendatang baru dan nama - nama besar seperti Cindy Sherman, Chuck Close and Takashi Murakami.

Sebagian besar dipamerkan di lebih dari 150 kampus Microsoft, mereka percaya bahwa karya seni di tempat kerja dapat mengurangi stres, meningkatkan produktivitas dan mendorong diskusi dan mengemukakan pendapat.

9. Microsoft Menanyakan Pertanyaan Wawancara yang Aneh

Microsoft dikenal sering melakukan pertanyaan yang aneh dan tidak nyambung dalam wawancara kerjanya. Salah satunya adalah "Mengapa penutup lubang dibuat bundar?". Microsoft mempekerjakan orang yang tidak biasa, yang berpikiran maju. Dikabarkan perusahaan besar seperti Google meniru gaya ini.

Microsoft sering menanyakan pertanyaan teka-teki logika atau memikirkan masalah seperti, "Bagaimana desain coffee maker yang akan dipakai astronot". Pertanyaan semacam ini digunakan untuk mendapatkan kandidat pekerja yang dapat berpikir kreatif.

10. Microsoft Memegang Lebih dari 10.000 Hak Paten

Microsoft memegang lebih dari 10.000 hak paten dan sekitar 3.000 file tiap tahun, salah satu dari lima besar pemilik hak paten di US.

Meskipun sebagian besarnya berhubungan dengan software, yang ke-5.000 dan ke-10.000 adalah consumer-friendly dan ide yang mudah dimengerti yaitu XBox 360 untuk yang ke-5.000 dan Microsoft Surface yang ke-10.000

Microsoft menghadiahkan staff membernya yang mengamankan hak paten baru. Selain bonus sebesar $1.500 juga plakat kayu dan kubus kotak yang berisikan nama mereka serta judul dan tanggal paten nya.

Comments