10 Hal yang Harus Dihindari Agar Tampak PD


Kepercayaan diri adalah hal yang penting untuk dipancarkan saat berhubungan dengan orang lain. Pastikan gerak tubuh Anda memancarkan kepercayaan diri tersebut setiap saat. Berikut adalah 10 gerak-gerik yang bisa memancarkan kepercayaan diri Anda.

10. Hindari kantung celana
Tanpa disadari, ketika merasa kurang nyaman atau tidak percaya diri, kita memasukkan tangan ke dalam kantung celana. Menjaga tangan tetap di luar kantung celana mengindikasikan kepercayaan diri dan menunjukkan bahwa Anda tak memiliki hal yang ingin disembunyikan. Terlebih lagi, ketika memasukkan tangan ke dalam kantung celana, pose tubuh cenderung akan membungkuk dan memberi kesan malas-malasan.

9. Gelisah
Gelisah dan melakukan gerakan tubuh tertentu yang berulang. Seseorang yang tak bisa tinggal diam adalah orang yang terkesan khawatir, tegang, dan tidak percaya diri. Tangan Anda bisa menjadi musuh terbesar Anda. Berjuanglah agar tangan Anda tidak gemetaran atau tergoda untuk menggigit kuku jari tangan Anda, atau membunyikan gemeretak tulang buku-buku jari. Begitupun kaki Anda ketika menunggu yang suka melakukan gerakan menginjak berulang. Coba hentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut yang menunjukkan bahwa Anda sedang gelisah.

8. Pandangan lurus ke depan
Menjaga arah pandangan bisa menjadi cara yang paling mudah untuk menunjukkan kepercayaan diri. Ketika Anda sedang berjalan sendirian, amat alami untuk merasa ingin menatap ke arah langkah Anda, namun, postur ini memberikan kesan bahwa Anda tak ingin berkomunikasi atau sedang ingin sendiri. Jika Anda tidak berhati-hati dan terbiasa dengan bergaya seperti ini, maka orang akan merasa enggan untuk berinteraksi dengan Anda. Tetap jaga agar pandangan dan dagu Anda terangkat, pandangan lurus ke depan, bahkan ketika Anda sedang berjalan kaki sendirian (tapi pastikan Anda tidak tersandung).

7. Berdiri tegak dengan pundak datar
Berdiri tegak adalah salah satu pose tubuh yang penting untuk memproyeksikan kepercayaan diri melalui bahasa tubuh. Ini bisa menjadi tantangan, khususnya jika Anda terbiasa membungkuk setiap saat. Cobalah berkonsentrasi untuk menarik pundak Anda sedikit ke belakang saat jalan atau berdiri. Dengan tindakan ini saja akan memberikan tampilan yang lebih percaya diri dan postur yang lebih baik. Coba latih hal ini di depan cermin, Anda akan melihat perbedaannya.

6. Langkah percaya diri
Seseorang yang percaya diri memiliki langkah yang tegap, optimis, dan agak melebar. Jika Anda ingin terlihat optimis, jangan lupa untuk memerhatikan langkah Anda. Langkah yang pasti, tidak tergesa-gesa, dan sedikit melebar akan mencerminkan seseorang yang tenang.

5. Jabat tangan yang erat
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjabat tangan. Pernahkah Anda menjabat tangan orang yang seakan-akan hanya memberikan telapak tangannya tanpa menggenggam, sehingga seakan Anda memegang ikan mati? Nah, itu adalah hal yang sangat dilarang dalam dunia etiket perkenalan. Ini akan membuat citra Anda luruh dalam sekejap. Jabat tangan seharusnya menggunakan seluruh telapak tangan Anda untuk menggenggam si lawan bicara. Dengan begini, ia akan merasa lebih dihargai. Jika Anda akan berjabat tangan dengan orang yang sudah pernah Anda kenal, bisa pula menggunakan telapak tangan kiri Anda untuk menangkup punggung telapak tangan si lawan bicara itu. Namun, perlu diingat pula, jabat tangan bukan adu kekuatan genggaman. Jadi jangan berusaha untuk meremukkan tulang telapak tangan orang yang berusaha menjabat tangan Anda.

4. Penampilan diri
Bayangkan diri Anda berada di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan pria-pria ganteng atau ruangan yang penuh dengan kolega penting. Lalu, perhatikan penampilan Anda. Apakah wajah Anda kusam karena baru saja berjibaku di dalam bis, baju kusut, dan rambut yang berantakan? Wah, jika iya, pasti orang-orang malas berdekatan dengan Anda. Anda pun akan merasa minder dan memilih untuk keluar ruangan. Hilang, deh kesempatan untuk membuka jejaring baru.

3. Senyum
Orang yang percaya diri akan senantiasa tersenyum karena mereka merasa tak ada yang perlu dikhawatirkan. Coba tersenyum kepada orang yang berpapasan dengan Anda di jalan, meski Anda tak mengenalnya. Kemungkinan mereka akan membalas senyum Anda. Tidakkah Anda ingin mendapatkan senyum dari orang-orang setiap saat?

2. Jangan menyilangkan lengan di depan dada
Menyilangkan lengan di dada memberi kesan protektif. Kita melakukan tindakan ini ketika kita merasa dingin, gugup, atau sedang menutup diri. Coba bayangkan bodyguard yang biasanya menyilangkan lengan mereka di depan dada ketika sedang berjaga-jaga di depan pintu. Tugas mereka adalah untuk terlihat mengintimidasi. Tugas Anda adalah agar disukai orang lain, terbuka, dan percaya diri. Jadi, cobalah untuk sedikit rileks dan jaga agar lengan Anda tidak menyilang di depan dada.

1. Kontak untuk menunjukkan apresiasi
Tepukkan di pundak atau sentuhan di lengan atas adalah hal yang menandakan apresiasi untuk seseorang. Jangan takut untuk menunjukkan apresiasi semacam ini kepada teman kerja Anda, asal jangan berlebihan, apalagi kepada rekan kerja yang berbeda jenis kelamin, bisa dikira pelecehan seksual atau lebih parah, Anda dikira genit.

Comments