12 Pasukan Abad Pertengahan Paling Mengesankan

12.Mamluks


Spoiler for Mamluks:


Pasukan Mamluk pertama dikerahkan pada zaman Abbasiyyah pada abad ke-9. Bani Abbasiyyah merekrut tentara-tentara ini dari kawasan Kaukasus dan Laut Hitam dan mereka ini pada mulanya bukanlah orang Islam. Dari Laut Hitam direkrut bangsa Turki dan kebanyakan dari suku Kipchak.


Quote:
11.Janissary



Spoiler for Janissary:

Yanisari (berasal dari Turki Utsmaniyah: ينيچرى (yeniçeri) yang berarti "pasukan baru") adalah pasukan infanteri yang dibentuk dari pasukan dan penjaga pribadi sultan Utsmaniyah. Pasukan ini muncul pada abad ke-14. Pasukan ini dibubarkan oleh Sultan Mahmud II pada tahun 1826 karena terjadinya insiden Auspicious.


Quote:
10.Billmen


Spoiler for Billmen:


billmen ini adigunakan oleh infanteri di Eropa di Era Viking oleh Viking dan satria Anglo-Saxon di abad ke-14, 15, dan 16. Itu adalah kstaria nasional Inggris, tetapi juga banyak di tempat lain, terutama di Italia.

Quote:
9.Boyar



Spoiler for Boyar:

Sebuah boyar atau bolyar adalah anggota pasukan dengan pangakt tertinggi Moscovian , Kiev Rusian, Bulgaria, Wallachian, dan aristokrasi Moldavia,yang kedua setelah pangeran perang berkuasa (di Kaisar Bulgaria), dari abad ke-10 sampaii abad ke-17.

Quote:
8.Ksatria Templar


Spoiler for Ksatria Templar:

Ordo Bait Allah adalah ordo-religi-militer Kristen terbesar dan paling kuat, disebut juga Para Perwira Miskin Kristus dan Bait Salomo (bahasa Inggris:Poor Fellow-Soldiers of Christ and of the Temple of Solomo, bahasa Latin: pauperes commilitones Christi Templique Solomonici), berpusat di Yerusalem dan dikenal sebagai para Ksatria Templar (bahasa Inggris: Knights Templar) yang dibentuk pada 1119, setelah Perang Salib Pertama pada 1096, untuk membantu Kerajaan Yerusalem melindungi kerajaannya, dan untuk memastikan keamanan para peziarah Eropa yang pergi ke Yerusalem.
Quote:
7.Crossbowmen



Spoiler for Crossbowmen:

panah otomatis ini adalah senjata yang terdiri dari busur terpasang pada gaganng yang menembakkan proyektilnya, sering disebut baut. Ini diciptakan di Mediterania dan di Cina ( terpisah ). Mekanisme pemegang busur dalam posisi yang untuk menarik kuat2 sampai ditembakan oleh merilis pemicunya. Busur memainkan peran penting dalam perang di Afrika Utara, Eropa dan Asia.
Quote:
6.Housecarls

Spoiler for Housecarls:


Housecarls adalah pasukan penjaga istana, prajurit pribadi dan setara dengan pengawal untuk penguasa Skandinavia dan pengawal raja. Istilah keinggeris-inggerisan berasal dari huskarl Norwegia Kuno atau long-huscarl . Mereka juga disebut pasukan penjaga rumah tangga istana.

Quote:
5.Varangian Guard



Spoiler for Varangian Guard:


The Varangians atau Varyags, kadang-kadang disebut sebagai Variagians, adalah Viking, Viking, asal Swedia, yang pergi ke arah timur dan selatan melalui yang sekarang dsebut Rusia, Belarus dan Ukraina terutama di abad ke-9 dan 10.

Quote:
4.Swiss Mercenaries


Spoiler for Swiss Mercenaries:

juga populer dengan soldier of fortune adalah tentara yang bertempur dan menyerang dalam sebuah pertempuran demi uang, dan biasanya dengan sedikit penghargaan terhadap ideologi, kebangsaan atau paham politik. (is a soldier who figts, or engages in warfare primarily for money, usually with little regard for ideological, national or political considerations).

Munculnya tentara bayaran umumnya karena adanya konflik-konflik terutama di negara dunia ketiga yang umumnya selalu berkutat dalam masalah politik, kekuasaan, sumber dan kepentingan ekonomi, serta masalah agama dan etnis, sehingga meminta penguasa penguasa atau pihak pihak yang terlibat didalamnya meminta bantuan negara-negara lain terutama negara-negara maju. Selain itu adanya kepentingan rahasia dari negara maju atau negara adikuasa bahkan operasi-operasi intelijen sehingga dikenal dengan istilah perang kotor.

Quote:
3.Cataphract



Spoiler for Cataphract:

Kataphract merupakan pasukan kavaleri berat yang digunakan kebanyakan di Eropa Timur dan Eropa Tenggara, di Anatolia dan Iran semenjak akhir silam Zaman Klasik sampai Pertengahan Abad Pertengahan. Istilah ini adalah istilah Yunani, dengan kata dasar yang berarti "tertutup" atau "terlindungi", dan istilah militer khusus adalah "berperisai". Negara yang menggunakan Kataphract pada satu ketika dalam sejarah termasuk Sarmatia, Parthia, Sassanid, Armenia, Pergamon, Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Bizantium, dan lain-lain.
Quote:
2.Halberdiers


Spoiler for Halberdiers:

bersenjatakan tombak senjata dengan tiang panjng selama abad 14 dan 15. Kemungkinan kata tombak berasal dari kata Jerman Halm (staf), dan Barte (kapak). tombak ini terdiri dari sebuah pisau kapak atasnya dengan spike yang dipasang pada sebuah poros panjang. Selalu memiliki kait atau duri di sisi belakang pisau kapak untuk dgunakan mewnerang.
Quote:
1.Longbowmen




Spoiler for Longbowmen:


peran Longbowmen dari Inggris sungguh sangat vital, Longbowman (pemanah dengan busur panjang) diposisikan sepanjang atas bukit. Kemudian, sambil menunggu kedatangan tentara Perancis, pasukan Inggris membuat parit dan lubang untuk menjebak pasukan kavaleri musuh.



Comments