5 Sinyal Tubuh Tanda Gangguan Penyakit


Sinyal tubuh merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang mungkin tak bisa dianggap enteng.

1. Penurunan berat badan
Penurunan berat badan (BB) perlu dicermati bila selama 6 bulan terakhir setidaknya mencapai 5 persen, padahal yang bersangkutan tak menginginkannya dan tidak sedang berusaha melakukan penurunan BB. Penurunan sebesar itu juga menandakan adanya penyakit kronis yang tidak terkait langsung dengan saluran pencernaan. Penyakit yang perlu diwaspadai antara lain hipertiroid, liver, gangguan saraf, tuberkulosis, diabetes melitus dan kanker.

2. Hilang selera makan
Jika selera makan hilang bukan karena gangguan pikiran, ini merupakan sinyal yang mengharuskan individu yang bersangkutan mencermati kalau-kalau dirinya terjangkiti penyakit atau tidak. Cara mencermatinya tentu saja dengan berkonsultasi ke dokter.

3. Mati rasa disertai pandangan mendadak kabur
Merupakan sinyal adanya serangan stroke akibat pecahnya atau terblokirnya pembuluh-pembuluh darah di otak yang bisa berujung pada kematian. Agar tak berdampak fatal, begitu muncul sinyal tubuh ini segeralah ke UGD rumah sakit terdekat guna mendapat penanganan stroke pertama kali.

4. Air seni berdarah
Meski tanpa disertai keluhan apa pun, adanya darah di air seni merupakan gangguan serius. Jadi, segeralah ke dokter. Sangat mungkin yang bersangkutan menderita batu ginjal, kanker ginjal, maupun infeksi pada saluran/kandung kemih.

5. Feses hitam
Apa yang dikonsumsi seseorang memang berkemungkinan mengubah warna fesesnya. Warna hitam yang bukan karena asupan makanan, besar kemungkinan merupakan sinyal tubuh mengenai adanya perdarahan atau perlukaan di pencernaan bagian atas, usus kecil atau bahkan kanker. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan laboratorium.

Comments