Baca Pria dari Jam Tangannya


Kompas.com - Masing-masing orang cenderung memiliki selera jam tangan berbeda. Sesekali coba perhatikan selera jam tangan si dia. Pasalnya, selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan juga bisa menggambarkan karakter si pemakainya, lho. Dalam bukunya yang berjudul 1001 ways You Reveal Your Personality, Elayne J. Kahn dan David A. Ruanitsky mengungkapkan karakter pria dari jam tangannya.

* Tidak Berangka
Model jam tangan berjarum tanpa angka menggambarkan bahwa pemakainya sangat cermat dalam merumuskan konsep, tetapi tidak ingin semua hal diuraikan secara langsung. Pria dengan jam tangan ini lebih mencari tantangan intelektual dan senang berhadapan dengan masalah yang tematis. Selain itu, mereka juga tak mudah putus asa dan rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk memecahkan suatu masalah, meskipun orang lain sudah menyerah. Ia akan menuntaskan permasalahan antara Anda dengan dirinya secara cepat dan tepat, dan takkan mau berlarut-larut tenggelam dalam masalah yang sama.

* Light Emitting Diode
Light Emitting Diode (LED) adalah arloji elektronik yang memancarkan cahaya monokromatik berwarna merah jika tombol waktunya ditekan. Sedangkan jika tidak ditekan, permukaannya akan tetap gelap. Jika si dia menggunakan jam tangan model ini, berarti ia termasuk orang yang pandai menyimpan rahasia. Ia bukan orang yang senang memperlihatkan perasaandan emosinya pada orang lain. Biasanya pria tipe ini terkesan misterius. Wah, hati-hati saja bila si dia tipe pria ini. Ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dirinya sebelum menyatakan ya untuk menjadi kekasihnya. Tidak mau kan, Anda tahu belakangan kalau si dia ternyata suami orang.

* Liquid Crystal Display
Berbeda dengan tipe jam tangan LED, Liquid Crystal Display, atau LCD justru menggambarkan si pemakai yang penuh keyakinan dan menghindari konsep-konsep yang terlalu abstrak. Karakter pria pengguna tipe jam tangan ini cenderung simpel dan senang melihat hal-hal yang diuraikan secara jelas. Tidak suka basa-basi dan to the point. Jadi, bila ingin mencuri hatinya, berikan sinyal yang jelas kalau Anda suka padanya. Jangan memakai gaya tarik ulur atau sindiran, karena dia tidak akan mengerti.

* Berwarna Emas Klasik
Pria yang memilih jam tangan ini akan rela mengorbankan kesenangan-kesenangan singkat demi mendapatkan kesenangan yang lebih lama. Bisa dibilang pria tipe ini juga cenderung konvensional, sabar, dan penuh pemikiran. Ia tak suka menekan atau memaksa orang lain. Gayanya memang sedikit old school dan lebih suka melakukan hal-hal yang menghasilkan sesuatu daripada sekadar kumpul-kumpul bersama teman. Ia sangat menjaga perasaan Anda dan selalu berusaha untuk menyenangkan Anda.

* Waktu di Beberapa Tempat
Bila si dia mengenakan jam tangan dengan model yang menunjukkan waktu di beberapa kota berbeda di dunia, berarti si dia termasuk tipe pria yang memiliki banyak impian. Bagusnya, si dia selalu berusaha mencapai mimpinya satu per satu. Karena itu, dia termasuk tipe pekerja keras. Saat sedang dilanda jenuh, semangatnya akan segera bangkit begitu ia diingatkan kembali tentang impiannya. Walaupun kesibukannya terkadang membuat si dia terkesan cuek, tapi ia tipe yang fokus, apalagi bila si dia sudah mencantumkan nama Anda ke dalam rangkaian mimpinya.

* Arloji Model Putar
Dari berbagai model jam tangan yang lebih canggih, tapi si dia memilih model jam tangan ini, berarti si dia termasuk pria yang punya rasa percaya diri tinggi, mandiri, dan suka kebebasan. Ia lebih senang mengatasi masalahnya sendiri, daripada mengandalkan bantuan orang lain. Baginya, semakin sulit sebuah pekerjaan, justru semakin membuatnya merasa tertantang. Tipe yang tidak keberatan mengerjakan pekerjaan rumah, seperti memangkas rumput, mengecat rumah, atau membetulkan atap yang bocor. Meskipun terkesan keras, namun pria tipe ini selalu melindungi apa yang menjadi miliknya.

* Arloji Saku
Ia tipe pria yang tak mau diatur oleh waktu. Sesibuk apa pun jadwalnya, ia tahu bagaimana caranya bersantai. Ia selalu berusaha membuat hidupnya seimbang. Selain itu, ia juga tipe orang yang senang menyimpan benda-benda yang memiliki nilai kenangan. Jangan heran bila ia masih menyimpan mainan masa kecilnya, berbagai hadiah dari Anda, bahkan masih menyimpan SMS saat pertama kali dirinya berkenalan dengan Anda. Pria tipe ini juga biasanya tak terburu-buru dalam memutuskan sesuatu, termasuk urusan cinta. Jadi, maklum saja kalau si dia membutuhkan waktu sedikit lama dalam pendekatan.

Bagaimana kalau si dia tak suka mengenakan jam tangan? Menurut Kahn dan Rutnisky, pria seperti ini senang kebebasan dan individualistis. Hm, atau jangan-jangan ia sengaja tak memakai jam tangan agar selalu punya kesempatan untuk berkenalan dengan perempuan-perempuan cantik, dengan menanyakan waktu sebagai pembuka percakapan.

Comments