Cara Meningkatkan Performa Mesin Diesel


Meningkatkan performa tenaga mesin diesel, tidak seperti mesin bensin yang harus ganti komponen (tergantung seberapa besar yang diinginkan). Bahkan sampai harus melakukan pengorekan, karena ingin mendongkrak secara signifikan.

Sementara pada diesel hanya melakukan penyetelan dan pembersihan pada komponen. Inilah langkah-langkahnya.

  • Kalibrasi ulang pompa injeksi. Fungsinya, mengatur kembali semprotan solar agar mendekati performa yang dimaui. Selain itu, mengatur konsumsi solar yang masuk ke ruang kompresai via nosel.

  • Jatah pasokan solar ditambah, optimal 5-10 persen. Sebenarnya, jatah pasokan solar standar setiap mobil berbeda dan sudah ada standarnya.

  • Jika sudah ditambah, jangan lupa setel ulang klep agar lebih rapat. Hasilnya, selain pasokan tambah, tenaga pun meningkat. Efeknya, konsumsi sedikit lebih boros, tapi lebih mudah dan cepat dikerjakan.

  • Majukan sedikit timing injeksi dan penambahan sinyal elektrik pada pompa bahan bakar guna mengimbangi permintaan solar. Peranti ini juga bisa meringankan kerja pompa injektor dan kurangi gejala angin palsu.

  • Ganti filter udara yang punya hambatan lebih rendah. Misal filter open air, meski harus sering membersihkannya agar aliran udara tetap lancar.

Untuk diesel yang sudah berteknologi commonrail, menurut Apin, dari bengkel Amiaw Motor Sport bisa menaikkan turbo, turbin dan intercooler. Atau, bisa dengan pemasanngan piggyback Dastek Unichip. Untuk biaya pemasangan Rp5 jutaan, terdiri dari piggyback berikut kabel plug&play. Penambahan tenaga optimal bisa mencapai 70 HP.

Comments