Charger Ponsel di Sepatu


Perusahaan telepon selular European Telco Orange memperkenalkan sebuah purna rupa charger untuk mengisi baterai ponsel. Charger yang dibuatnya bukan seperti yang kita kenal selama ini. Charger yang satu ini berupa sepasang sepatu boot yang dilengkapi alat termoelektrik yang dapat mengubah panas kaki menjadi tenaga listrik.

Sepatu ini hasil rancangan Dave Pain, seorang Managing Director GotWind, sebuah perusahaan energi terbarukan. Dalam sepasang sepatu itu, Pain menanam sebuah sirkuit yang terbuat dari dua logam berbeda yang dinamakan thermocouple.

Thermocouple ini mampu menangkap temperatur yang berbeda dan mengubahnya menjadi energi listrik. "Jadi jika Anda mendekatkan panas ke satu sisi thermocouple dan dingin ke sisi lain, maka akan menghasilkan muatan listrik," kata Pain.

Aliran listrik itu kemudian disalurkan ke sebuah baterai yang dibenamkan di tumit boot. "Baterai itulah yang digunakan untuk mengisi daya ponsel Anda," jelasnya.

Sayangnya, untuk dapat mengisi baterai ponsel selama satu jam, anda harus mengenakan boot ini sambil berjalan selama 12 jam. "Purna rupa boot ini masih harus disempurnakan," katanya.

Sumber: Reuters

Comments