Ditemukan, Gel Penyembuh Borok


Bagi para penderita diabetes, luka di kaki sangat di takuti. Pasalnya, borok di bagian kaki lebih sukar sembuh. Untunglah saat ini para ilmuwan telah menemukan gel yang mampu menyembuhkan luka lima kali lebih cepat.

Gel "ajaib" yang disebut Nexagon itu dan dikembangkan oleh para ilmuwan dari University College London. Gel ini bekerja dengan menyela komunikasi antar sel dan mencegah produksi protein yang menghalangi penyembuhan luka. Dengan demikian sel-sel bisa bekerja lebih cepat untuk menyembuhkan luka.

Pada luka yang bersifat kronik, menurut David Becker, pakar biologi dari University College London, terdapat protein yang jumlahnya tidak normal pada reaksi peradangan. Nah, untuk menguranginya, Becker dan timnya membuat Nexagon dari kepingan DNA yang bisa menahan produksi protein. "Begitu proteinnya berhenti, sel-sel bisa lebih dekat ke luka," katanya.

Pada umumnya, borok atau luka kronis memakan waktu enam bulan untuk sembuh dan 60 persen pasien mengeluhkan lukanya kambuh kembali. Dalam penelitan yang dilakukan terhadap 100 pasien terbukti, dalam empat minggu jumlah pasien yang sembuh total dari boroknya lima kali lebih banyak daripada pasien yang tidak mendapat Nexagon.

Penemuan gel ini membuka harapan baru bagi para pasien diabetes. Selain pada luka di kaki, penelitian terhadap pasien yang mengalami luka bakar akibat zat kimia di mata menunjukkan hasil yang menggembirakan. "Setelah dioleskan Nexagon, lapisan atas mata dan pembuluh darah di dalamnya tumbuh kembali sehingga penglihatannya bisa diselamatkan," kata Becker.

Sebelum Nexagon, di pasaran sudah terdapat gel yang mengobati luka di bagian mata namun hanya efektif pada sebagian pasien. Nexagon berbentuk bening dengan kepadatan seperti pasta gigi. Sayangnya gel ini belum akan beredar dalam waktu dekat karena masih akan dilakukan ujicoba pada jumlah pasien luka kronis yang lebih banyak. Kita tunggu saja.

Comments