Ditemukan Kelemahan Pada Antivirus Smadav

Sebuah program antivirus buatan lokal, asli indonesia. Saat ini, dipercaya penggunanya sudah mencapai ribuan orang, dan juga diyakini sebagai salah satu dari banyak antivirus buatan lokal yang mempunyai banyak pengikut.



Secara umum, bila diamati, walau bukan seperti pengamat atau dapat dikatakan survey, namun setidaknya, bila tidak salah adalah, hanya ada beberapa antivirus buatan lokal yang mempunyai pengikut hingga ribuan ini. Antaranya, Ansav, Pc-media, dan Smadav.

Sedikit mengenai smadav ini, antivirus lokal ini dapat dikatakan cukup ampuh, dalam melindungi komputer, dari masuknya virus kedalam sistem. Dengan fitur sederhana, dan tidak begitu rumit dalam penggunaannya,serta banyaknya virus-virus yang dapat dikenali oleh antivirus ini. Dalam membersihkan virus, juga tidak terlalu buruk, banyak virus dapat diclean oleh smadav, termasuk virus luar sekalipun.

Namun, ada titik lemah yang menurut penulis lumayan berbahaya dan dapat menagancam, yaitu, antivirus ini, tidak dapat mengenali Virus lama,kuno ataupun virus yang ada didatabasenya sekalipun, bila “icon” virus tersebut kita ubah atau kita ganti. Misal, Ada virus kuno, yang menyebar menggunakan kamuflase icon “Word office” , bila, iconnya diganti menjadi Powerpoint misalkan atau “gambar burung” maka smadav tidak akan mengenalinya lagi sebagai virus. Secara sederhana begini, bila virus itu iconnya bergambar A dan berhasil dideteksi oleh smadav, lalu kita rubah atau modif virus yang sama
namun kita rubah saja iconnya dengan gambar B,maka, smadav gagal mendeteksinya, sehingga virus dapat masuk dengan mulusnya kekomputer kita.



Jadi Mending agan Menambah Varian AntiVirus Luar gan....Penulis, Sudah memberitahukan bug ini kepada pembuatnya, namun hingga versi 8.2 keluar, tetap belum ada perubahan pada smadav ini. Mungkinkah, Tim Smadav, tidak membutuhkan masukan?,

ataukah, menganggap ini bukan masalah?

Comments