Es Pisang Ijo, Takjil Favorit Makassar


KOMPAS.com - Es pisang ijo bagi kebanyakan warga Makassar adalah ta'jil favorit untuk berbuka puasa. Di pasar ramadhan dan di pinggir jalan menjelang berbuka puasa di Makassar, es pisang ijo adalah makanan favorit yang dijajakan .

Bagi warga Makassar yang berada di daerah lain, es pisang ijo menjadi ta'jil yang selalu dirindukan. Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dikukus, dibungkus dadar berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras (seperti kue dadar).

Dadar hijau akan lebih harum jika diberi pandan wangi. Saus es pisang ijo terbuat dari terigu, santan, gula dan es. Es pisang ijo akan lebih nikmat jika sausnya dicampur dengan sirup pisang ambon khas Makassar.

Harga es pisang ijo di Makassar sekarang ini berkisar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 per biji bersama sausnya. Saat ini saus es pisang ijo memiliki variasi yang beragam, kadang ditambahkan dengan buah nangka yang diris kecil-kecil. Kadang juga ditambahkan biji-biji kecil seperti mutiara yang terbuat dari sagu. Ada juga yang menaburinya dengan potongan kacang tanah yang telah digoreng.

Comments