Honda Tes Konsep Kendaraan Masa Depan


Honda, produsen mobil nomor dua di Jepang dan nomor satu sepeda motor di dunia, berencana memulai demo dan menguji kendaraan listrik generasi masa depan berukuran kecil atau mobilitas personal (kendaraan eksperimen). Jenis kendaraan yang digunakan adalah mobil listrik dan hibrida plug-in, skuter listrik terbarunya (EV-neo scooter) dan kendaraan listrik lainnya.

Uji coba dilakukan di dua daerah, yaitu prefektur Kumamoto dan Saitama di Jepang. Tujuannya, untuk mengetahui daya guna teknologi otomotif sepeda motor dan mobil serta perlengkapan pendukung, misalnya, teknologi komunikasi. Pada uji coba ini, juga digunakan stasiun pengisian energi matahari menggunakan sel surya yang sangat tipis buatan Honda Soltec.

Target sesungguhnya dari program ini adalah realisasi lingkungan rendah karbon untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat di perkotaan.

Pada akhir tahun ini, Honda berencana melanjutkan program ini di Amerika Serikat, dengan target utama yaitu daerah yang padat lalu lintasnya. Di negara tersebut, Honda akan mendemonstrasikan mobil listrik dan kendaraan hibrida plug-in bersama Universitas Standford, Google Inc, dan kota Torrence, California, di bawah Program Demonstrasi Teknologi Maju.

Comments