Jonathan 'Fatal1ty' Wendel: Game Tak Mengenal 'Kasihan'


Siapa yang tidak kenal Fatal1ty? Atlet cyber sejati, seorang gamer profesional yang terkenal dan sukses dengan perolehan pendapatan setengah juta dolar per tahun.

Pria yang memiliki nama lengkap Jonathan Wendel ini cukup dikenal dikalangan gamer. Nama Fatal1ty pun telah ia gunakan sebagai merek dari beberapa produk asesoris game. Ia telah menjadi inspirasi bagi gamer fanatik di seluruh dunia, yang berharap suatu saat akan menuai sukses seperti Wendel.

Bermain video game rupanya telah menjadi hobi dan minat pria kelahiran 26 Februari 1981 ini. Bermula dari sebuah komputer PC 286/12 MHz yang terletak di rumahnya di Missouri, AS.

Debut kompetisinya dimulai pada tahun 1999 yang langsung memenangkan uang tunai senilai USD40.000 pada turnamen yang dihelat Cyberathlete Professional League (CPL).

Meski Flight Simulator buatan Microsoft tidak lagi ada dalam daftar permainannya, Wendel telah berhasil menjadi 'ahli' dalam memainkan lima game tersulit di PC seperti Doom 3, Alien vs Predator, Unreal Tournament 2003, Quake 3 dan Painkiller. Prestasi ini dianggap cukup unik dalam kompetisi di industri game, oleh karena itu Wendel dinobatkan sebagai World's Famous PC Gamer.

Menurut Wendel, kompetisi game PC membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat sesulit apapun, memiliki pikiran yang lebih maju ketimbang pesaing, dan menyerang kelemahan yang ada di diri pesaing. Kemudian, strategi itu membutuhkan koordinasi tangan dan mata, berpacu dengan waktu, strategi dan lainnya.

"Tidak mudah menjadi gamer terkenal. Jutaan anak juga ingin menjadi gamer profesional tapi ini adalah lahan yang sangat kompetitif. Kuncinya, jangan pernah biarkan orang lain menang. Game tak mengenal ada rasa kasihan, kecuali jika kami berhadapan dengan gadis yang akan anda ajak kencan," selorohnya, seperti dikutip melalui Opera Magazine.

Sejak debut kompetisi pertamanya itu, Wendel terus menerus memenangkan kompetisi hingga tahun 2008. Hingga kini, penghasilannya telah mencapai rata-rata enam digit. Plus sebuah perusahaan peralatan game yang diberi nama sesuai nick name nya.

"Dibutuhkan waktu tiap menit jika anda ingin menjadi yang terbaik. Tidak harus berlama-lama berlatih game, hanya membutuhkan rutinitas saja. Latihan merupakan hal gila yang pernah saya lakukan setiap hari tapi saya menyukainya dan mendapatkan tantangan dari setiap latihan yang saya lakukan," tutur Wendel.

Saat ini, Wendel lebih suka menghabiskan waktunya di Las Vegas untuk melatih kemampuannya dalam bermain poker. Ia pun tercatat sebagai pemain poker profesional yang tergabung di Full Tilt Poker pro, setidaknya sampai turnamen berikutnya digelar.

Di masa istirahatnya, Wendel tidak melulu berkutat di depan komputer untuk bermain game PC. Ia juga kadang mengeksplorasi permainan dengan format lain, termasuk poker, Mario Kart Wii, Call of Duty, World at War, Backgammon dan beberapa permainan lainya.

"Kerjakan segala sesuatunya sesuai dengan keinginan kamu dan nikmatilah. Jika kamu menginginkan sesuatu, raihlah," tandas Wendel.

Comments