Jubah Penghilang Benar-Benar Ada


Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan film Harry Potter. Kisah bocah penyihir yang memiliki jubah untuk menghilang. Ternyata jubah seperti itu di dunia nyata memang benar ada.

Baru-baru ini para peneliti dari eropa telah mengembangkan prototipe dari 'jubah penghilang,' seperti halnya di film Harry Potter.

Para peneliti yang berasal dari Inggris dan Jerman mengatakan bahwa jubah tersebut dapat menyembunyikan objek 3D dengan membelokkan cahaya.

Para peneliti dari Institut Teknologi Karlsruhe Jerman dan Kampus Imperial London menggunakan kristal fotonik untuk menyembunyikan benda dilapisi dengan emas.

Saat ini memang jubah penghilang telah dikembangkan, tapi hanya berfungsi pada benda dua dimensi.

Dengan kata lain, benda yang seharusnya tidak nampak akan terlihat pada bentuk dimensi ketiga.

'Jubah' yang ditemukan oleh tim dari Eropa ini adalah yang pertama dapat bekerja pada dimensi ketiga.

"Sangat menyenangkan sekali. Selama ini orang-orang selalu berpikir untuk bisa menghilang atau memiliki jubah penghilang. Ini adalah bukti dari itu semua, ini menjadi bukti yang nyata," ujar ketua tim peneliti Tolga Ergin.

Menurut Ergin dengan adanya tekhnik seperti ini, pada tahun-tahun berikutnya akan mampu bekerja untuk menghilangkan orang atau bahkan sebuah tank.

"Sulit untuk membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan, tapi bidang seperti ini memang sangat luas dan kemungkinannya memang sangat besar." pungkasnya.

Comments