Laris, Motor dari Mesin Potong Rumput


Ada kreatifitas, ada jalan. Itu juga yang dilakukan Ujang, seorang warga Kota Sukabumi, Jawa Barat. Ia merakit motor kecil alias mocil dari mesin potong rumput. Lantas, mocil itu pun dia bawa ke Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi.

Ia sewakan mocil itu untuk menjadi hiburan bagi warga, khususnya anak-anak saat menunggu berbuka puasa. Sekali main, tarifnya Rp 5.000 saja.

Anak-anak pun bisa mengendarai motor kecil tersebut untuk keliling lapangan, tapi paling lama tiga putaran saja.

"Saya rakit bareng teman-teman. Mesinnya pakai mesin potong rumput, gampang naiknya, tidak pakai persneling, tinggal gas saja," kata Ujang ketika ditemui di Sukabumi, Minggu (15/8/2010).

Nani, orangtua yang sedang menemani anaknya bermain mocil, mengaku permainan ini cukup menarik karena anaknya yang sedang belajar berpuasa bisa melupakan rasa lapar dan hausnya sejenak.

Ari, anak yang ikut menikmati permainan mocil ini, mengaku senang karena menurutnya permainan ini seru dan membuatnya "deg-degan". Bahkan ia sudah tiga kali menyewa mocil tersebut.

Soal keamanan, Ujang meyakinkan bahwa mocil ini relatif aman karena kecepatannya tidak akan lebih dari 20 Km per jam. Selain itu, motor yang hanya setinggi 70 cm dari tanah itu memudahkan anak-anak menahan motor dengan kakinya ketika akan jatuh.

Anak-anak berusia lima tahun hingga 10 tahun bisa menggunakan motor ini dengan aman. Ujang pun menyedikan helm, pelindung siku dan lutut. Hasil kreativitas ini juga memberi pemasukan yang cukup besar bagi Ujang.

Setiap hari, khususnya selama Ramadhan, ia dapat penghasilan antara Rp 150.000 hingga Rp 250 ribu. Lumayan.

Comments