Mendapatkan Kembali Email dan Facebook Yang Terkena Hack

Sekarang ini banyak sekali account Facebook yang kena hack, sebelum2nya saya juga sering mendengar hal tersebut dari teman2 yang mengeluh kalau account FB'nya di hack orang bahkan ada yang diambil alih. Akan tetapi saya tidak menyangka kalau kejadian tersebut juga akan menimpa saya. Belum lama ini account FB saya di hack dan tidak tanggung2 dua account FB saya dihack dalam waktu 1 malam (soalnya waktu saya terakhir cek sekitar jam 01.00 dini hari masih normal2 aja dan paginya subuh jam 05.00 saya sudah tidak dapat login ke dua account saya tsb) , sedangkan password FB dan password Email untuk login pada kedua account sudah diganti.

Setelah itu saya coba cari2 di Google tentang cara mengembalikan account Email dan facebook yang terkena hack dan akhirnya ketemu dengan blog www.anjar.web.id, di salah satu artikel blog tersebut terdapat artikel yang mengulas tentang cara mengembalikan account email dan facebook yang di hack. Setelah baca2 artikel dan share dengan pemilik blog tentang masalah saya akhirnya saya dapat mengambil alih email dan account Facebook saya yang terkena hack.

Lalu bagaimana cara mengambil alihnya kembali? hal2 yang saya lakukan untuk mengambil alih kembali account email dan Facebook saya ada sbb (dalam kasus ini saya menggunakan account Gmail):

1. Pertama saya mencoba mereset password email melalui secondary email, dengan cara masuk ke halaman login Gmail, silahkan cek halaman tersebut dibawah form pengisian username dan password terdapat link "Can't access your acount?". Jika link tersebut kita klik maka akan muncul halaman baru dimana terdapat beberapa option diantaranya "I forgot my password"," I forgot my username","My account has been compromised ", dll kemudian pilih atau cek list pada I forgot my password dan klik link dibawahnya yang bertuliskan "password recovery page". Masukkan alamat email anda yang terkena hack dan tekan "submit" setelah itu Gmail akan mengirimkan sebuah link untuk melakukan reset password ke secondary email yang anda masukan ketika pertama kali membuat email tsb. Kalau sudah anda tinggal cek secondary email anda, jika ada pesan dari Gmail yang isinya tentang "reset password" anda tinggal mengikuti langkah2nya.

"Akan tetapi dari sini saya mendapat masalah. Masalahnya adalah pada secondary emailtidak ada kiriman pesan "reset password" dari Gmail setelah saya tunggu selama ber jam-jam (kurang lebih 20 jam) dimana seharusnya pesan dari Gmail tersebut sudah dikirim ke secondary email dengan tidak perlu menunggu terlalu lama. Akhirnya saya kembali konsultasi dengan rekan blogger (www.anjar.web.id) tentang masalah tsb dan menyarankan untuk mencoba cara ke dua berikut ini"

2. Mengirimkan pesan ke pihak Gmail melalui form "Contact Us", silahkan di klik link tersebut untuk melihat atau mengirim form permintaan ke Gmail. Didalam form tersebut terdapat beberapa informasi yang harus diisi. Saya akan memberikan sedikit gambaran apa saja yang saya isikan pada form tersebut..

"An email address we can use to contact you*" = isi dengan alamat email anda yang masih aktiv (valid) yang nantinya link reset password akan di kirim ke email tersebut.

"Describe the problem you're experiencing*" = pilih "I am unable to reset my password"

"Do you use Gmail with this account?*" = pilih option "Yes"

"Gmail username:*" = isikan alamat email anda yang terkena hack.

Kalau anda masih memiliki kode verifikasi ketika account pertama diaktifasi maka pilih option "Yes" untuk "Do you have a verification code?" dan masukan kode verifikasinya. Kebetulan saya masih memiliki kode verifikasinya yang terimpan di inbox pada secondary email saya.

Untuk form2 yang lain dapat anda isi dengan seakurat mungkin, dimana form tersebut akan menjadi pertimbangan dari pihak Gmail apakah anda berhak melakukan reset password atau tidak. Jika Gmail menerima permintaan anda, maka Gmail akan mengirimkan link untuk anda dapat melakukan reset password ke email yang sudah anda masukan sebelumnya.

Setelah saya tunggu pesan dari Gmail itu kira2 sekitar 4 jam akhirnya ada pesan masuk ke email saya dari Gmail. Dan langsung saja saya ikuti step2nya yang hasilnya saya dapat masuk (login) ke account email yang sebelumnya terkena hack.

Pada tahap ini saya sudah dapat mengambil alih kembali account email saya, lalu bagaimana cara mengambil alih kembali account Facebook nya? Hmmm...cara mengambil alih kembali account Facebook sangat gampang.

Masuk ke halaman www.facebook.com kemudian Klik link "Forgot your password?" yang terletak diatas form pengisian username dan password login Facebook. Masukan "security code" dan alamat email Facebook anda di form "Email", setelah ini tinggal cek inbox email anda jika ada pesan dari Facebook untuk me-reset password anda tinggal mengikuti step2nya yang cukup mudah dilakukan.

Ok, mungkin itu saja sedikit informasi yang mungkin dapat berguna bagi temen2 yang account email dan facebook nya terkena hack atau seenggak2nya dapat menambah pengetahuan bagi kita.

Sumber: http://bleckurant.blogspot.com/2010/04/mendapatkan-kembali-email-dan-facebook.html

Comments