Peregangan Kilat di Meja Kerja

Sudah Senin lagi dan ini artinya, daftar kerjaan yang harus kita lakukan baru saja dimulai. Dalam hukum keterkaitan, ini akan membuat kita harus lebih banyak duduk di belakang meja komputer. Akhirnya semakin tegang pula otot leher, bahu, dan punggung kita.

Ketidaknyamanan fisik ini membuat hari yang sudah super sibuk, menjadi semakin tidak menyenangkan. Tapi kini, bersama Prevention, kita hentikan siklus ketegangan tersebut tanpa harus meninggalkan meja kerja kita.

Dalam latihan yang hanya membutuhkan waktu 30 detik ini, kita diminta untuk duduk dengan punggung pada sandaran kursi, lalu rebahkan torso ke depan menempel pada paha. Gerakan peregangan ini baik untuk punggung, leher dan pinggul kita. Tapi, kekuatan utama dari gerakan ini adalah membantu kita merasa cukup tenang dan membiarkan napas kita lebih dalam dan lambat. Trik ini juga sangat ampuh untuk mengatasi stres.

Berikut langkah- langkah peregangan yang bisa kita lakukan di meja kerja :

• Mundur sedikit ke bagian belakang bangku, dan usahakan paha kita berada di atasan dudukan bangku.

• Pastikan kedua telapak kaki menempel dan beristirahat di lantai. Jika belum bisa, turunkan bangku kita sedikit.

• Buka lebar lutut dan pastikan kedua telapak kaki berada tepat di bawah lutut.

• Tekuk badan dari pinggang ke arah depan, rebahkan torso hingga kepala berada di antara kedua paha. Biarkan kedua tangan di atas kepala, lalu bawa ke bawah menempel lantai.

• Diamkan tubuh kita dalam posisi ini dalam beberapa saat, biarkan tubuh kita terbiasa dengan situasi yang baru.

• Ketika pernapasan kita sudah lebih lambat dan panjang, lanjutkan dengan memanjangkan tulang punggung kita setiap kali menarik napas. Dan lepaskan otot kita setiap membuang napas.

• Lakukan pemanjangan tulang belakang, setidaknya hingga 10 tarikan napas yang dalam.

• Ketika mengangkat badan ke atas, tetap usahakan tulang punggung melengkung. Biarkan punggung bagian bawah sampai pada sandaran bangku terlebih dahulu, lalu disusul dengan punggung bagian tengah dan kemudian baru tulang belikat. Terakhir, bawa kepala kembali ke posisi awal.

Jangan bilang lagi tidak punya waktu. Ternyata, tidak perlu lama dan tempat khusus untuk melakukan peregangan. Cukup menyediakan waktu 30 detik, kita bisa mendapatkan manfaat peregangan cukup dari belakang meja kerja kita.

Comments