Rahasia Kuis Super Deal 2 Milyar Terungkap

Bagi yang belum pernah nonton Super Deal 2 Milyar, acara ini disiarkan oleh ANTV tiap jam 19.00 atau 19.30 setiap hari. Acara yang dipandu Aditya Herpavi ini menghadirkan 15* tim, yang masing-masing terdiri dari 10 orang (1 ketua dan 9 anggota). Setiap tim harus bisa tampil beda dan atraktif.

Tulisan ini hanyalah opini pribadi. Hanya berdasarkan asumsi tanpa bermaksud menyudutkan pihak tertentu.

Proses panjang dibutuhkan untuk bisa menuju roda 2 Milyar. Seorang peserta harus melewati beberapa fase berikut:
1. Pendaftaran-Seleksi tim & peserta
2. Terpilih oleh Aditya Herpavi saat Show
3. Lomba dengan peserta lain
4. Trading
5. Roda 2 Milyar

Proses detail dari fase ku jelaskan sebagai berikut:
1. Pendaftaran
Bisa langsung cek ke website resmi Superdeal
Saya kurang paham Proses 1 (Pendaftaran) karena selama ini belum pernah mendaftar dan tidak berminat mendaftar. Ada thread lain di Kaskus yang testimoni soal pendaftaran.

2. Terpilih oleh Aditya
Proses pemilihan peserta cukup unik dan random. Tampang keren atau jelek tidak berpengaruh. Kostum unik akan lebih menarik perhatian dan memperbesar kemungkinan terpilih. Teriak-teriak atau yel-yel dengan lantang dan semangat juga meningkatkan kemungkinan terpilh. Namun keputusan ada di dua orang, produser yang membisiki Aditya untuk memilih siapa dan Aditya sendiri. Jika salah satu peserta dari tim sudah pernah terpilih maka peserta di tim yang sama tidak akan mendapatkan kesempatan lagi.

3. Lomba dengan peserta lain
Lomba model tujuh belasan atau lomba untung-untungan akan membuat anda melaju ke tahap berikutnya. Di sini modal yang dibutuhkan hanya keberuntungan dan semangat untuk menang. Di beberapa sesi, tahap 3 dilewatkan oleh Aditya. Sesi yang tidak memerlukan lomba, tidak akan mendapatkan hadiah tipe besar seperti mobil.

4. Trading
Di sini adalah lomba untuk mendapatkan hadiah. Peserta ditugaskan untuk memilih sebuah hadiah. Saya membagi tipe hadiah menjadi 4 kategori:
a. Hadiah Besar, bernilai di atas 20 juta
b. Hadiah Menengah, bernilai antara 10-20 juta
c. Hadiah Kecil, bernilai di bawah 10 juta
d. Zonk, tak mempunya nilai

Jenis hadiah pun macam-macam, mulai dari mobil, motor, uang, perlengkapan elektronik, furniture, liburan hingga uang tunai.

Lokasi hadiah ada 4 jenis:
a. Tirai, mulai dari Tirai 1 sampai 3
b. Kotak
c. Amplop/Saku/Tas/Kantong/Bingkai/Bunga
d. Tunai

- Tirai adalah lokasi yang paling tidak aman sebagai hadiah. Kenapa? karena asumsi saya, pihak produser memiliki sistem dimana mereka bisa merubah tipe hadiah. Cek gambar di spoiler. Dibelakang tirai terdapat poros yang berisi 4 ruang. (bisa jadi hanya 2/3 ruang dalam setiap poros). Produser menempatkan tipe hadiah berbeda dalam setiap ruang dengan posisi awal poros di isi kategori 3 jenis tipe hadiah yang berbeda pula.


Di belakang Tirai
Di belakang Tirai


Produser bisa mengganti tipe hadiah dengan memutar poros dibelakang tirai, lalu mendorong hadiah ke dalam tirai. Proses memutar dan mendorong hadiah harus bisa dilakukan dalam waktu 10 detik. Jika proses membutuhkan waktu lebih lama, Aditya bisa memperlambat tempo dengan mengalihkan peserta melalui penawaran uang tunai. Penawaran uang tunai dimulai dengan harga paling rendah agar proses pemutaran dan pendorongan bisa lebih lama.

- Kotak biasanya berisi hadiah fisik (alat elektronik). Kemungkinan mendapatkan hadiah Menengah dan Kecil lebih besar bisa didapatkan di sini. Hadiah besar dan Zonk juga bisa didapat. Bisa juga produser mencari aman dengan menempatkan tulisan Tirai di dalam kotak.

- Amplop/Saku/Tas/Kantong/Bingkai/Bunga biasanya berisi tulisan. Yang biasa tertera adalah uang tunai dan Tirai. Kemungkinan Zonk pun tetap ada. Ada kecurigaan, di sebuah amplop terdapat dua tulisan, tergantung bagaimana Aditya/model mengambil tulisan yang mana.

- Tunai, biasa diberikan saat penawaran hadiah. Tujuannya untuk memperlambat dan menggoyahkan psikologi peserta. Jumlah uang tunai selalu dibawah 10 juta. Jika penawaran sudah mencapai 10 juta dan belum ada peserta lain yang mendapat hadiah menengah, maka ambil saja uang tersebut.

TIPS:
- Jika anda menjadi peserta, hadiah mana yang akan anda incar? tentu jawabannya hadiah besar. Tetapi produser tentu tak akan (pernah) memberikan hadiah besar. Anda cukup mengincar hadiah Menengah, karena dengan hadiah menengah ini anda sudah bisa melaju ke tahap terakhir. Hadiah menengah umumnya ada di kotak. Jadi jika anda mendapatkan penawaran kotak, tetaplah dengan pilihan anda.

- Jumlah Zonk adalah sama dengan jumlah Hadiah Besar. Produser akan berusaha menghadirkan dua zonk jika mereka terdesak. Berhati-hatilah.

- Jika dalam proses trading awal, Aditya tidak memberikan tirai dan anda sudah fix dengan satu pilihan, kemudian dia menawarkan tirai, maka tetaplah dengan pilihan awal anda. Karena tirai hanya jebakan.

- ikuti kata hati, langsung tolak jika ada penawaran tunai agar produser tidak berlama-lama mengganti hadiah. Jika penawaran sudah sangat lama, maka ambilah uang tunai, karena pilihan anda tipe hadiahnya sudah berubah.

- Ingat, untuk bisa melewati tahap ini, anda harus memiliki hadiah terbesar di antara peserta lain. Jika anda peserta pertama yang trading, usahakan mengejar hadiah tipe menengah. Jika peserta lain banyak yang dapat zonk, maka anda cukup mendapatkan hadiah kecil.

- Setiap tim pasti memiliki aturan tersendiri. Misal hadiah harus dibagi 10, setiap keputusan harus hasil keputusan bersama, ambil tunai/tidak. Pastikan anda mengikuti hati nurani anda. Karena anda yang tahu tips ini.

5. Roda 2 Milyar
Di roda ini terdapat berbagai macam hadiah. Mulai dari hadiah 5 juta hingga 2 milyar. Saya perkirakan jumlah baris dalam roda ada sedikitnya 20 baris dengan komposisi 5 juta menempati posisi paling banyak. Perkiraan baris menurut saya:
a. 10 baris 5 juta
c. 7 baris 10 juta
e. 1 baris 15 juta
f. 1 baris Tirai
g. 1 baris 2 Milyar (berganti menjadi 50 juta di putaran kedua apabila tidak terpilih di putaran pertama)

Untuk mendapatkan 2 Milyar, anda harus mendapatkan tulisan 2 Milyar dalam 2 kali putaran berturut-turut. Secara probabiltas, kemungkinan anda untuk berhasil adalah 1 banding 400. Ini berarti dalam 1 tahun, belum tentu ada yang mendapatkan 2 Milyar. Di tambah lagi ada sebuah trik (asumsi saya) yang dimasukkan ke roda putaran ini. Setiap tulisan terlihat seperti sama beratnya. Namun ada kemungkinan satu buah baris yang memiliki berat berbeda.

Roda 2 Milyar
Roda 2 Milyar

Asumsi ilustrasi ini berdasarkan tiga hal:
1. Saat roda awal belum berputar, roda menunjukkan 2 milyar dengan posisi jarum berada di pin terbawah baris, seakan-akan menahan baris tidak berpindah
2. Pergerakan roda tidak konstan saat melewati baris 2 milyar. Seharusnya kecepatan roda konstan melambat, namun saat melewati baris 2 milyar menjadi sedikit lebih cepat
3. Ketika pergantian tulisan 2 Milyar menjadi 50 juta, salah satu antara Aditya atau model harus memegang roda


Berat yang berbeda ini akan otomatis menimbulkan kecepatan putaran yang tidak sama pada baris 2 Milyar. Coba perhatikan di layar kaca! Saat jarum perlahan mendekati 2 milyar, roda berputar sedikit lebih cepat. Dengan demikian, kemungkinan untuk mendapatkan dua milyar tidak lagi 1:400, tetapi bisa jadi 1:10000 alias 0.01% alias 1 dalam 30 tahun. (cuma perkiraan gan. Karena ketidakseimbangan berat roda, maka sangat sulit untuk menentukan probabilitas)

Jadi jika anda sudah mendapatkan hadiah yang menengah (10-20 juta) di Trading. Maka berkatalah cukup. Karena kemungkinan anda untuk mendapatkan 15 juta pun hanya 5%, 50 juta hanya 1%, 10 juta 35%, dan kemungkinan terbesar anda mendapatkan 5 juta sebesar 50%.

Note: Setelah berkali-kali memperhatikan roda 2 milyar, ane lihat selalu terjadi perubahan nominal hadiah, ini terkait dengan hadiah-hadiah yang sudah didapat peserta pada babak trading. Pada awal analisis, ane masukan nilai 2 juta, tetapi ternyata ga muncul lagi di episode lain. Hadiah 15juta atau 20 juta di roda pun kadang muncul dan kadang tidak. Ini terserah produser. Yang jelas kemungkinan untuk mendapatkan hadiah lebih dari 10 juta sangat kecil.

Sumber: http://aamboyz.blogspot.com/2010/08/rahasia-kuis-super-deal-2-milyar.html

Comments

Post a Comment