Ritual Harian Agar Hidup Terasa Lebih "Hidup"


Banyak orang yang melihat ritual harian atau kegiatan rutin sebagai momok menyeramkan yang bisa mematikan gairah hidup. Padahal, ketika masih berada di bangku sekolah dulu, hidup kita penuh akan ritual yang membuat hidup terasa lebih "hidup". Lalu, tiba-tiba kita masuk ke dalam dunia yang penuh dengan hari-hari penuh dengan pekerjaan, bayaran tagihan, pernikahan, kelahiran anak, dan kematian. Wah, sepertinya menyeramkan sekali.

Inilah mengapa membawa ritual ke dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal yang penting, bahkan seringkali terabaikan. Ritual membawa hari-hari kita terasa lebih berarti. Meg Cox, penulis New Family Traditions: How to Create Great Rituals for Holidays and Everyday, merekomendasikan agar kita melakukan ritual yang bisa dilakukan oleh orang-orang dengan kehidupan yang seperti kita lewati, bukan ritual yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya waktu bebas dan tak memiliki beban finansial. Berikut adalah beberapa hal ritual yang bisa Anda inkorporasikan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

1. Menyambut hari. Buat awal hari lebih nyaman. Caranya? Bisa dengan diam sejenak dan memikirkan apa yang akan Anda lakukan hari ini sambil berbaring di tempat tidur sebentar setelah mematikan alarm bangun pagi. Atau memanjakan diri sesekali dengan membeli kopi favorit di hari Senin pagi. Atau sambut pagi hari dengan mengekspos diri kepada matahari yang baru saja memulai harinya. Hargai diri Anda dengan ritual di pagi hari yang membuat Anda merasa lebih ceria menyambut hari.

2. Janjian bertemu teman-teman. Jangan malu untuk membuka diri dengan teman-teman yang sehobi atau teman sepengalaman. Buatlah jadwal rutin per bulan atau per minggu untuk bertemu dengan teman-teman yang memiliki keterikatan dekat dengan Anda.

3. Makan bersama keluarga. "Keluarga" di sini tak selalu berarti harus selalu dengan keluarga inti, bisa pula diartikan dengan keluarga di kantor, pacar Anda, atau sahabat Anda. Cobalah untuk berupaya agar setidaknya dari 3 waktu makan dalam sehari, salah satunya diisi dengan makan bersama orang terdekat Anda sebagai saluran untuk berkoneksi atau saling tukar ungkap.

4. Jadikan satu hari dalam seminggu menjadi hari yang menyenangkan. Misal, Kamis Karaoke, atau apa pun yang membuat hari tersebut menjadi hari yang ditunggu-tunggu.

5. Jadwal harian. Masyarakat di Inggris punya kebiasaan untuk meminum teh setiap pukul 4 sore. Mengapa Anda tak coba melakukan hal yang sama. Tak suka teh? Ganti dengan minuman kesukaan Anda. Atau mengikuti kebiasaaan orang Italia yang berjalan kaki usai makan malam, mereka menamakan kegiatan ini passegiata.

6. Kesamaan keperluan. Biasa pergi ke pasar atau ke gym sendirian? Cobalah untuk membuat teman dengan membuka diri untuk berkenalan dengan orang yang sering Anda temui di sana. Atau buat janji bertemu sahabat Anda di sana.

7. Menyambut setiap patokan kejadian dalam hidup. Anda tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Entah itu hal yang patut dibuat selebrasinya atau justru harus direnungi dan ditangisi. Siapkan diri untuk bisa mengumpulkan teman-teman melewati waktu-waktu tersebut. Simpan botol minuman di dalam kulkas untuk dinikmati bersama jika ada hal yang menggembirakan, atau sekotak tisu baru atau kotak cokelat nikmat untuk menemani teman yang baru saja bertengkar dengan kekasihnya.

8. Membuat perencanaan untuk orang terkasih. Setelah melakukan ritual harian, jangan lupa untuk menyiapkan acara-acara di masa depan untuk dinantikan dan dilaksanakan. Misal, dengan kemping bersama teman-teman wanita. Apapun yang Anda pilih, ingatlah untuk membuat perencanaannya dari jauh-jauh hari dan memastikan acaranya cukup berharga, personal, dan merefleksikan nilai-nilai yang Anda anut.

9. Di penghujung hari. Ritual penutup hari bisa menenangkan diri Anda, melepaskan kekhawatiran yang Anda lewati seharian, dan bersiap menuju pulau mimpi. Caranya, bisa dengan melakukan meditasi di sore hari, tempat Anda melepaskan rasa penat dan stres yang muncul seharian, atau cukup dengan membaca buku sebelum tidur. Atau, untuk wanita, mengoleskan krim malam yang beraroma menenangkan sambil melakukan pijatan. Misal, dengan pencuci wajah harum terbaru dari Oriflame, Pure Nature yang mengandung ekstrak Blueberry dan Lavender.

10. Berterima kasih. Satu hal yang pasti untuk membawa arti pada hidup kita adalah dengan mengenali seberapa banyak yang telah kita lewati. Buat daftar orang-orang, hal-hal, perasaan, apa pun itu yang Anda rasa patut disyukuri. Atau buat hal tersebut menjadi ritual untuk dibagi dengan pasangan Anda sebelum tidur. Mudah-mudahan hal tersebut bisa terbawa hingga mimpi indah.

Ada ritual yang biasa Anda lakukan bersama keluarga setiap hari atau dalam jangka waktu tertentu?

Comments